Kelompok militan Taliban makin kuat kuasai Afghanistan. Foto: AFP
Kelompok militan Taliban makin kuat kuasai Afghanistan. Foto: AFP

Populer Internasional: Kaitan Taliban dengan Kelompok Teror Indonesia Hingga Pemilu Irak

Internasional terorisme pbb Taliban Irak afghanistan menlu retno lp marsudi Diplomasi Indonesia Vaksinasi covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Internasional Pemilu Irak
Fajar Nugraha • 06 Oktober 2021 11:21

 
Menurutnya, kemenangan Taliban dapat jadi momen kebangkitan jaringan teror di Indonesia dengan narasi agama. Ia mengatakan, hal itu terbukti saat melakukan interogasi pada salah satu pimpinan Jemaah Islamiyah (JI) yang tertangkap beberapa waktu lalu.
 
Seperti apa pengaruh Taliban ke kelompok teror di Indonesia? Selanjutnya di sini.

2. Lewat Diplomasi Vaksin, Indonesia Bertengger di Posisi 5 Vaksinasi Global

Indonesia terus menggenjot diplomasi vaksin sejak pandemi Covid-19 muncul di Tanah Air pada awal 2020. Diplomasi semacam itu dinilai penting karena vaksin adalah alat krusial dalam menangani dampak buruk pandemi.
 
Lewat diplomasi vaksin, Indonesia mendatangkan beragam merek vaksin Covid-19. Kedatangan vaksin ini didapat lewat kerja sama langsung dengan negara-negara mitra, atau melalui skema berbagi vaksin COVAX.
 
Berkat upaya keras diplomasi vaksin, program vaksinasi Indonesia berhasil bertengger di posisi 5 versi situs Our World in Data. Terhitung hingga tanggal 3 Oktober 2021, Our World in Data mencatat Indonesia telah memvaksinasi total 93,78 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh mana laju vaksinasi covid-19 di Indonesia? Simak di sini.

3. PBB Serukan Pemilu Bebas dan Transparan di Irak

Misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Irak (UNAMI) mengharapkan pemilihan umum di Irak akan berlangsung transparan dan bebas dari campur tangan asing. UNAMI berjanji akan bersikap netral dalam pemilu Irak dan memperlakukan semua pihak di negara tersebut secara setara.
 
Dilansir dari Yeni Safak, Selasa, 5 Oktober 2021, pemilu parlemen Irak akan berlangsung pada 10 Oktober mendatang. UNAMI dikabarkan hendak mengerahkan 877 pengamat internasional dan lokal dalam pemilu tersebut.
 
"Semua upaya kami adalah untuk memastikan tidak ada keraguan dalam pemilu," kata Kepala UNAMI, Jeanine Antoinette Plasschaert, dalam konferensi pers di Baghdad.
 
Kapan pemilu di Irak akan berlangsung? Simak tautan ini.
 
(FJR)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif