Rakyat Thailand melakukan protes terhadap raja dan pemerintahan. Foto: AFP
Rakyat Thailand melakukan protes terhadap raja dan pemerintahan. Foto: AFP

Apa Sebab Rakyat Thailand Mulai Berani Melawan Raja

Internasional politik thailand thailand raja thailand
Fajar Nugraha • 21 September 2020 17:23
Bangkok: Rakyat Thailand secara terbuka melakukan protes monarki Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di Bangkok pada Minggu untuk menyampaikan tuntutan, termasuk seruan untuk reformasi untuk mengekang kekuasaannya.
 
Baca: Ribuan Warga Thailand Desak Reformasi Pemerintahan.
 
Para pengunjuk rasa semakin berani selama dua bulan demonstrasi menentang monarki Thailand dan pemerintahan yang didominasi militer. Hal ini melanggar tabu lama tentang mengkritik monarki - yang ilegal di bawah undang-undang lese majeste.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raja Maha Vajiralongkorn yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Eropa, tidak ada di Thailand sekarang.
 
Para demonstran diblokir oleh ratusan polisi tak bersenjata yang menjaga penghalang kontrol kerumunan.
 
Pemimpin protes menyatakan kemenangan setelah menyerahkan surat kepada polisi yang merinci tuntutan mereka. Phakphong Phongphetra, kepala Biro Polisi Metropolitan mengatakan, surat itu akan diserahkan ke markas besar polisi untuk memutuskan bagaimana melanjutkannya.
 
“Kemenangan terbesar kami dalam dua hari ini menunjukkan bahwa orang biasa seperti kami dapat mengirim surat kepada bangsawan,” ujar Parit ‘Penguin’ Chiwarak, kepada massa sebelum bubar, seperti dikutip BBC, Senin 21 September 2020.
 
Pada demonstrasi terbesar dalam beberapa tahun, puluhan ribu pengunjuk rasa pada Sabtu menyerukan untuk reformasi monarki serta untuk mencopot Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha. Mereka juga menuntut konstitusi dan dilakukannya pemilihan umum baru.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif