Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengumumkan keadaan darurat nasional. Foto: Bernama
Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengumumkan keadaan darurat nasional. Foto: Bernama

Raja Malaysia Tetapkan Status Darurat untuk Atasi Virus Korona

Internasional Virus Korona malaysia Sultan Abdulllah Shah covid-19
Fajar Nugraha • 12 Januari 2021 11:10
Kuala Lumpur: Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengumumkan keadaan darurat nasional untuk memerangi lonjakan virus korona. Namun para pengkritik menuduh ini merupakan langkah pemerintah yang tidak stabil saat ini untuk tetap berkuasa.
 
Baca: Infeksi Korona Bertambah, Malaysia Perketat Pembatasan di 5 Wilayah.
 
Pengumuman itu datang sehari setelah perdana menteri memperkenalkan pembatasan baru di sebagian besar Malaysia. Termasuk penutupan sebagian besar bisnis, dan memperingatkan sistem kesehatan ‘pada titik puncak’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sultan Abdullah setuju untuk mengumumkan keadaan darurat hingga 1 Agustus menyusul permintaan dari Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam pertemuan Senin,” kata keterangan Istana Negara, seperti dikutip AFP, Selasa 12 Januari 2021.
 
Langkah tersebut memungkinkan penangguhan parlemen dan kegiatan politik, seperti pemilihan lokal, dan dilakukan pada saat pemerintahan Muhyiddin yang berusia 10 bulan yang sangat tidak stabil menghadapi sejumlah tantangan.
 
Sekutu utama dalam koalisi yang berkuasa mengancam untuk menarik dukungan. Jika terjadi, hal itu dapat menyebabkan runtuhnya pemerintah dan menghentikan jajak pendapat nasional yang dikhawatirkan dapat memperburuk wabah.
 
Malaysia terus mengendalikan virus selama sebagian besar tahun lalu dengan penguncian yang sulit, tetapi begitu pembatasan dikurangi, kasus-kasus dipercepat dan berulang kali mencapai rekor baru dalam beberapa hari terakhir.
 
Keadaan darurat dapat dicabut lebih awal jika tingkat infeksi melambat, pernyataan istana menambahkan.

Hari gelap untuk demokrasi

Pemilu di negara bagian Sabah tahun lalu disalahkan karena memicu gelombang baru infeksi yang menyebar ke seluruh negeri.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif