Tempat uji covid-19 di Malaysia. Foto: AFP.
Tempat uji covid-19 di Malaysia. Foto: AFP.

Infeksi Korona Bertambah, Malaysia Perketat Pembatasan di 5 Wilayah

Internasional Virus Korona malaysia Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19
Marcheilla Ariesta • 11 Januari 2021 20:33
Kuala Lumpur: Malaysia akan memperketat pembatasan akibat virus korona (covid-19) yang kembali meluas. Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengatakan pembatasan akan dimulai pada Rabu, 13 Januari 2021.
 
Dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari ini, Senin, 11 Januari 2021, Muhyiddin mengatakan lima negara bagian, yang terdiri dari Penang, Selangor, Melaka, Johor, Sabah dan wilayah federal Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan, akan kembali menghadapi perintah kontrol pergerakan (MCO) selama dua pekan hingga 26 Januari.
 
Perjalanan antar negara bagian dilarang di seluruh negeri. Sementara itu, perjalanan antar wilayah tidak diizinkan untuk negara bagian di bawah MCO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mencegah lintas negara bagian dan lintas distrik, pemblokiran jalan akan diberlakukan mulai pukul 00.01 pada Rabu," ucap Muhyiddin, dilansir dari Channel News Asia.
 
Baca juga: Malaysia Lipatgandakan Pembelian Vaksin Pfizer
 
Ia menambahkan, pergerakan dibatasi hingga radius 10 kilometer untuk negara bagian di bawah MCO.
 
Muhyiddin menuturkan sistem pelayanan kesehatan negara itu berada pada titik puncaknya.
 
"Situasi hari ini memang sangat mengkhawatirkan, sistem perawatan kesehatan kami berada di bawah tekanan yang luar biasa dibanding sebelumnya sejak dimulainya pandemi," serunya.
 
"Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya membutuhkan tindakan yang juga belum pernah kita lakukan," imbuh Muhyiddin.
 
Lonjakan harian di Malaysia mencapai empat digit dalam beberapa waktu terakhir. Ini menjadikan total infeksi secara nasional mencapai lebih dari 135 ribu dengan lebih dari 550 kematian.
 
Muhyiddin menambahkan enam negara bagian lainnya, yakni Pahang, Perak, Negeri Sembilan, Kedah, Terengganu, dan Kelantan akan ditempatkan di bawah MCO bersyarat (CMCO). Sedangkan Perlis dan Sarawak di bawah MCO pemulihan (RMCO).
 
Selain itu, kegiatan seperti resepsi pernikahan, konferensi, arisan, seminar, kursus, dan olahraga yang dilakukan secara massal tidak diperbolehkan.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif