KTT ASEAN yang dimulai secara virtual pada 26 Oktober 2021. Foto: AFP
KTT ASEAN yang dimulai secara virtual pada 26 Oktober 2021. Foto: AFP

Para Pemimpin Asia Tenggara Tegur Keras Myanmar di KTT ASEAN

Internasional KTT ASEAN Min Aung Hlaing Myanmar Tak Diundang ASEAN KTT ASEAN 2021
Fajar Nugraha • 27 Oktober 2021 08:04
Bandar Seri Begawan: Para pemimpin Asia Tenggara menegur pihak junta Myanmar yang tidak mengirim perwakilan non-politik untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (KTT ASEAN). Myanmar tidak mengirim wakil karena merajuk usai pemimpin junta tidak diundang ke pertemuan itu.
 
ASEAN mengatakan akan menerima tokoh non-politik dari Myanmar, tetapi junta menolaknya, dengan mengatakan mereka hanya akan menyetujui pemimpinnya atau menteri yang hadir.
 
Pada akhirnya para pemimpin negara Asia Tenggara itu dengan tajam mengkritik junta Myanmar ketika pertemuan puncak regional dibuka pada Selasa, 26 Oktober. ASEAN tidak mengundang Jenderal Min Aung Hlaing karena mengabaikan peta jalan perdamaian yang disepakati enam bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Sayangkan Myanmar Seolah Tak Ingin Dibantu ASEAN.
 
Bagi ASEAN, Min Aung Hlaing yang memimpin kudeta 1 Februari, gagal untuk menghentikan kekerasan, permusuhan. Dia juga dianggap tidak memberikan peluang memungkinkan akses kemanusiaan dan memulai dialog dengan lawan, sebagaimana disepakati dengan ASEAN pada pertemuan khusus April lalu di Jakarta.
 
Keputusan itu merupakan penghinaan besar bagi militer Myanmar dan langkah berani yang langka oleh kelompok regional yang dikenal dengan kode konsensus, non-intervensi, dan keterlibatannya.
 
"Hari ini, ASEAN tidak mengeluarkan Myanmar dari kerangka ASEAN. Myanmar mengabaikan haknya," kata Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, yang akan menjadi ketua kelompok itu tahun depan.
 
"Sekarang kita berada dalam situasi ASEAN minus satu. Bukan karena ASEAN, tapi karena Myanmar,” tegas Hun Sen.
 
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan ASEAN telah menyiapkan slot untuk Myanmar, tetapi mereka  memilih untuk tidak bergabung.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif