Ariel Noah (Foto: dok. Medcom)
Ariel Noah (Foto: dok. Medcom)

Ariel Noah Tumpahkan Kekesalan terhadap Pembajakan CD di Indonesia

Hiburan Ariel Noah pembajakan musik
Cecylia Rura • 04 Juli 2019 07:00
Jakarta: Vokalis grup musik Noah, Ariel mengutarakan keresahannya terhadap pembajakan CD di Indonesia. Meski dia beropini CD tak lagi menjadi tren, dia meyakini oknum pelaku pembajakan bukan dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.
 
"Sudah enggak zaman sih memang dengerin CD tapi tetap saja nyebelin. Enggak usah pakai alibi rezeki orang kecil dagang CD bajakan di pinggir jalan. Puluhan pegawai Musica (label) di bagian gudang CD yang kena PHK gara-gara penurunan penjualan CD asli juga orang kecil, sopir-sopir bagian distribusi yang kena PHK juga orang kecil," tulis @ariel_inst, Rabu 3 Juli 2019.
 
"Yang produksi CD bajakan enggak mungkin orang kecil! Modalnya pasti besar," tulis Ariel dalam keterangan "Catatan".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat pembajakan menjadi virus menahun yang tak kunjung sembuh, Ariel mengimbau agar pembeli harus lebih cerdas dalam membeli CD.
 
"Pembelinya yang harus sadar! Kalau enggak ada yang beli kan entar bangkrut juga yang bajak. Kalau yang bajak enggak bangkrut-bangkrut, berarti? Masih banyak yang beli," tulis Ariel.
 
Ariel tampak menunjukkan kekesalan sebagai musisi yang karyanya kerap dibajak. Sementara dia harus bekerja keras untuk memproduksi karya musik baru.
 
"Jadi males ini nyelesaiin satu lagu lagi, lo enggak tahu berapa dus itu kopi Torabika gue habisin buat begadang bikin lagu. Ah, sudahlah saya mau tidur," tutup Ariel.
 
Komentar ini ditanggapi Badai eks Kerispatih. Dia sepakat dan merasakan keresahan serupa sebagai pencipta lagu.
 
"Itulah Indonesia, My Bro. Sukanya makan dari yang bukan haknya. Dituntut malah lebih galak merekanya. Gue pun merasakan sebagai pencipta lagu bahkan semua yang berkarya di negara ini. Memang harusnya ada yang berani benar-benar memerangi. Bukan katanya perang tapi ternyata masuk juga dalam sistemnya. Sukses, Bro," tulis Badai dalam kolom komentar.
 
View this post on Instagram

Udh gak jaman sih memang dengerin CD, tapi tetep aja nyebelin. Gausah pakai alibi rejeki orang kecil dagang cd bajakan pinggir jalan. Puluhan pegawai musica di bagian gudang CD yg kena PHK gara2 penurunan penjualan cd asli juga orang kecil, supir2 bagian distribusi yg kena PHK juga orang kecil. Kalau melihat Musik Noah/ band lain dibajak, jangan hanya membandingkan dgn kesejahteraan si pemusik tersebut, ada banyak orang ikut kerja disitu. CATATAN: yg produksi CD bajakan GAK MUNGKIN orang kecil!! modalnya pasti besar. Dengan kondisi tidak banyak perubahan situasi pembajakan di indonesia, sepertinya hanya satu jalan keluar, Pembeli nya yg harus Sadar! Klo ga ada yg beli kan ntar bangkrut juga yg bajak, klo yg bajak gak bangkrut2, Berarti? Masih banyak yg beli ????. Jadi males ini nyelesaiin satu lagu lagi, lo gak tau brp dus itu kopi torabika gw abisin buat begadang bikin lagu ????, Ah sudahlah saya mau tidur.

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on




 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif