Direktur Utama RS Haji Jakarta Syarief Hasan Lutfie sedang menunjukkan produk sepatu SHL hasil penelitiannya/Medcom/Ichsan Rafi
Direktur Utama RS Haji Jakarta Syarief Hasan Lutfie sedang menunjukkan produk sepatu SHL hasil penelitiannya/Medcom/Ichsan Rafi

Inovasi Sepatu Hemat Energi Rumah Sakit Haji Jakarta

Haji Haji 2019
Medcom • 14 Agustus 2019 17:44
Jakarta: Direktur Utama RS Haji Jakarta Syarief Hasan Lutfie mengenalkan produk alas kaki yang diklaim bisa menghemat energi jemaah haji hingga 20 persen.
 
Produk alas kaki yang diberi nama SHL ini didesain secara khusus untuk mengurangi kontraksi otot kaki sehingga mampu meminimalisir tenaga yang dikeluarkan penggunanya.
 
"Disesuaikan dengan sidik tapak kaki dengan menggunakan arkus, itu mampu meminimalisir kontraksi otot-otot tungkai bawah," kata Syarief di Jakarta pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknik utama penghematan energi pada alas kaki ini adalah dengan keberadaan insole yang sesuai dengan lekukan kaki pengguna. Pembuatan insole dilakukan setelah melewati beberapa penelitian terkait anatomi kaki. Fungsinya, agar beban badan pengguna menyebar ke seluruh tumpuan tubuh mampu bergerak lebih seimbang.
 
Inovasi Sepatu Hemat Energi Rumah Sakit Haji Jakarta
Teknik insole sepatu SHL/Medcom/Ichsan Rafi
 
"Dasarnya, hasil penelitian," katanya.
 
Menurut Syarief, produk ini diharapkan bisa membantu jemaah haji dan umrah karena dituntut banyak berjalan kaki selama melakukan prosesi ibadah. Saat ini produk SHL baru tersedia di RS Haji Jakarta, Pondok Gede dengan kisaran harga Rp450 ribu untuk jenis sandal, dan Rp750 ribu untuk sepasang sepatu. (Ichsan Rafi)
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif