Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad (berbatik) didampingi Kepala PPIH Daker Mekkah, Mukhammad Khanif (kiri) meninjau persiapan puncak haji di Armuzna, Sabtu (25/6/2022)  Branda Antara
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad (berbatik) didampingi Kepala PPIH Daker Mekkah, Mukhammad Khanif (kiri) meninjau persiapan puncak haji di Armuzna, Sabtu (25/6/2022) Branda Antara

PPIH Sebut Persiapan Puncak Haji di Armuzna Capai 75%

Haji haji Haji 2022 ibadah haji Jemaah Haji KJRI Jeddah
Antara • 25 Juni 2022 20:46
Makkah: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyatakan persiapan menghadapi puncak haji di Arafah, Muzdhalifah dan Mina (Armuzna) segera rampung. Kini persiapan sudah mencapai 75 persen.
 
"Tenda dan aliran listrik sudah terpasang, AC juga sudah selesai. AC semua baru." kata koordinator pembangunan tenda jamaah Indonesia PPIH Mekkah Nurcholis bin Turmudzi di Makkah, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Hal itu disampaikan Nurcholis saat mendampingi Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad didampingi Kepala PPIH Daker Mekkah Mukhammad Khanif dan sejumlah staf, saat meninjau ke Arafah Muzdalifah dan Mina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Abdul Aziz mengatakan saat ini jemaah haji Indonesia akan mendapatkan fasilitas yang sangat nyaman saat melakukan puncak haji di Armuzna. Pasalnya pendingin udara baru telah dipasang.
 
"Di Arafah pakai AC (pendingin udara) baru, di Mina juga tidak ada kendala. Instalasi lama, tapi AC-nya baru," kata Dubes.

Baca:'Warung Indonesia' Obati Kerinduan Jemaah Haji terhadap Kuliner Nusantara


Kunjungan Abdul Aziz dimulai dengan mengecek proses pembangunan sarana puncak haji di Arafah. Tiba di Arafah, Abdul Aziz langsung berkeliling.
 
Seluruh tenda untuk jamaah haji juga sudah berdiri semua. Masing-masing tenda berukuran 10x25 meter akan menggunakan AC listrik berukuran 30 ton air conditioner otomatis (1 ton setara dengan dengan 12.000 BTU/jam atau 3,5 kW). Tenda tersebut dapat diisi 200 jemaah.

Selain itu juga akan ada tenda berukuran lebih kecil. Yakni berukuran 7x15 meter dengan AC berkekuatan 12 ton masing-masing 6 ton.
 
Dengan tenda yang ada. Saat ini jemaah tidak perlu berdesakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Jemaah juga bisa selonjoran dan rebahan.
 
"Dulu AC menggunakan kompresor, jadi sering ngadat yang keluar hanya angin jadi tidak dingin. Tapi mulai tahun ini menggunakan AC listrik. Insyaallah lebih lancar dan lebih dingin," ungkap dia.
 
Di dalam tenda juga akan dilengkapi karpet. Toilet juga dibangun sangat dekat dengan ukuran diperkecil dibandingkan tahun lalu, sehingga jumlah toilet jauh lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
 
"Saat ini proses pembangunan tinggal merapikan tinggal nutup tanah. Insyaallah optimis H-3 puncak haji sudah beres semua," ujar dia.
 
Usai dari Arafah, Dubes lantas melanjutkan kunjungan ke Muzdalifah dan Mina. Di Mina juga sudah dilakukan persiapan. Bahkan di dalam tenda di Mina juga telah dikeramik. AC tenda di Mina juga telah diganti dengan AC listrik.
 
Begitu juga toilet juga diperkecil sehingga jumlahnya jadi lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Menurut Abdul Aziz, persiapan di Arafah, Musdalifah, dan Mina jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif