ILUSTRASI: Umat Islam melakukan tawaf sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat (3/5/2019)/ANTARA FOTO/Aji Styawan.
ILUSTRASI: Umat Islam melakukan tawaf sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat (3/5/2019)/ANTARA FOTO/Aji Styawan.

Seluruh Jemaah Calon Haji Indonesia Sudah di Tanah Suci

Haji Haji 2019
Antara • 07 Agustus 2019 17:45
Makkah: Seluruh jemaah calon haji asal Indonesia telah tiba di Arab Saudi. Jumlah jemaah haji reguler ini mencapai 215.377 orang dari 529 kelompok terbang (kloter).
 
Kloter terakhir yang mendarat di Jeddah, Arab Saudi adalah dari Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS-97).
 
"Dengan tibanya kloter 97 berarti seluruh jemaah haji Indonesia itu sudah sampai di Tanah Suci," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Arsyad Hidayat, pada Selasa, 6 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini jemaah sudah berada di Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang segera mencapai puncak Wukuf di Arafah.
 
"Kami tengah membereskan beberapa logistik dan sarana prasarana. Semua petugas pun sudah siap bergeser ke Makkah," kata Arsyad.
 
Dari total jemaah haji yang telah tiba, sebanyak 83 orang dikabarkan meninggal dunia. Sebagian besar akibat sakit.
 
Kepala Seksi Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara Jeddah-Madinah Cecep Nursyamsi merinci, jemaah haji yang diangkut maskapai Garuda Indonesia sebanyak 284 kloter dan Saudia Airlines 245 kloter.
 
Mereka yang mendarat di Madinah mencapai 233 kloter sejumlah 95.446 orang, sementara yang tiba di Jeddah sebanyak 296 kloter dengan jumlah jemaah 119.931 orang.
 
Pada tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 231 ribu untuk reguler dan khusus. Kedatangan jemaah melalui dua bandara, yakni Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah dan King Abdulaziz, Jeddah.
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif