Jemaah haji Indonesia bergerak dari pemondokan ke Arafah/MCH/Ha
Jemaah haji Indonesia bergerak dari pemondokan ke Arafah/MCH/Ha

Jemaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Arafah

Haji Haji 2019
Media Center Haji • 09 Agustus 2019 19:26
Makkah: Jemaah calon haji Indonesia mulai diarahkan untuk bergeser dari pemondokan masing-masing menuju Arafah guna melaksanakan wukuf.
 
"Petugas sudah diberangkatkan lebih dulu," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid di Kota Makkah, Arab Saudi, Jumat, 9 Agustus 2019.
 
Pemberangkatan jemaah ke Arafah dimulai pada pukul 7.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dan ditargetkan selesai pada pukul 20.00 waktu setempat. Di Arafah, jemaah akan menempati tenda-tenda yang telah disediakan sesuai dengan maktabnya masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada Sabtu pagi, yakni tanggal 9 Zulhijah sampai waktu zuhur, jemaah memperbanyak amaliah yang dibawa dari rumah masing-masing. Kemudian prosesi wukuf salat Zuhur dan Asar diqasar," ujar Subhan.
 
Subhan juga mengingatkan agar jemaah haji mampu mengukur kemampuan diri bagi yang hendak melaksanakan wukuf di luar tenda. Hal ini karena Kota Makkah sedang dalam cuaca ekstrem yang cukup panas.
 
"Ada yang mengutamakan wukuf langsung di bawah langit. Tapi kalau memberatkan diri bisa di dalam tenda untuk mengurangi rasa panas dari terik matahari secara langsung," kata dia.
 
Jemaah yang bercita-cita naik ke Jabal Rahmah juga diimbau agar memperhatikan arah kembali ke tenda. "Agar bisa pulang sesuai waktu karena begitu terbenam matahari harus menuju Arafah," pungkas Subhan.

 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif