Ilustrasi: Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat/ Foto: ANTARA/ Didik Suhartono
Ilustrasi: Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat/ Foto: ANTARA/ Didik Suhartono

Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Pertama Dijadwal Besok

Haji Haji 2019
Antara • 16 Agustus 2019 11:42
Makkah: Sebagian petugas haji diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi untuk mempersiapkan pelayanan pemulangan jemaah gelombang pertama yang dijadwalkan besok, Sabtu, 17 Agustus 2019.
 
Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Arsyad Hidayat mengatakan, para petugas haji akan menyiapkan berbagai keperluan pemulangan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.
 
Arsyad merinci, sebagian petugas haji ditugaskan menyurvei lapangan di Jeddah, khususnya mempersiapkan diri terkait inovasi baru, iyab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Arab Saudi Uji Coba Pemulangan Cepat Jemaah Haji
 
Inovasi iyab merupakan layanan jalur cepat yang pernah diterapkan pada saat kedatangan jemaah. Bedanya, kali ini mencakup pengiriman koper dan barang bawaan jemaah 48 jam sebelum pesawat lepas landas.
 
"Jemaah saat di bandara tidak akan terlalu lama menunggu karena proses imigrasi relatif lebih cepat karena mempergunakan sidik jari. Dan itu sudah cukup untuk merangkum data-data milik jemaah haji," kata Arsyad di Makkah pada Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Saat pemulangan, kata Arsyad, paling tidak jemaah harus sampai di Bandara Jeddah enam jam sebelum pesawat lepas landas. Sedangkan untuk proses iyab, jemaah sudah didorong dari Makkah ke Bandara Jeddah menuju terminal khusus sekitar tujuh sampai delapan jam sebelum pesawat take off.
 
"Di south terminal yaitu terminal yang khusus didedikasikan untuk iyab," kata dia.
 
Arsyad mengimbau agar jemaah benar-benar memperhatikan berat koper bawaan. Ketentuannya, tidak lebih dari 32kg dan tidak ada cairan di dalamnya.
 
"Itu dipastikan akan kena sweeping (sisir) dari pihak maskapai," katanya.
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif