Ilustrasi--Jemaah calon haji kloter pertama asal Medan tiba di asrama untuk menjalani proses karantina di Embarkasi Asrama Haji Medan, Sumatera Utara. (Foto: ANTARA/Septianda Perdana)
Ilustrasi--Jemaah calon haji kloter pertama asal Medan tiba di asrama untuk menjalani proses karantina di Embarkasi Asrama Haji Medan, Sumatera Utara. (Foto: ANTARA/Septianda Perdana)

Jemaah Haji Diharapkan Jadi Agen Kesehatan

Haji Haji 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Agustus 2019 04:09
Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi berharap jemaah haji yang sudah kembali ke Indonesia bisa menjadi agen kesehatan. Mereka diharapkan bisa berbagi pengetahuan mengenai kesehatan haji di lingkungannya.
 
Oscar menjelaskan berbagi edukasi ini dimaksudkan untuk jemaah calon haji lndonesia di waktu yang akan datang agar dapat mempersiapkan kesehatan dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, dapat memenuhi syarat istithaah kesehatan ketika menunaikan ibadah haji.
 
“Seluruh jemaah haji yang sudah sampai malam ini, tetap berada dalam pemantauan petugas kesehatan di Puskesmas selama 14 hari ke depan," kata Oscar seperti dilansir Antara, Minggu, 18 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia berpesan, para jemaah haji yang baru pulang terus memantau kesehatannya. Terutama, selama dua pekan ke depan. "Jika dalam kurun waktu 14 hari ke depan mengalami sakit, maka wajib berobat ke Puskesmas dengan membawa Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji (K3JH),” ujarnya.
 
Pola ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terbawanya penyakit dari Arab Saudi ke Indonesia. Makanya, jemaah haji harus tetap memerhatikan kondisi tubuh
dengan baik.
 
Jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Kabupaten Bogor tiba di Embarkasi Bekasi. Jumlahnya ada 404 orang dan enam orang petugas haji.
 
Hingga Minggu, 18 Agustus 2019, total kedatangan jemaah dan petugas haji asal Jabar sebanyak 1.635 orang. Jumlah ini berasal dari Kabupaten Bogor 410 jemaah, Kabupaten Cianjur 407 jemaah, Kabupaten Bandung 407 jemaah, dan Kota Bekasi 410 jemaah.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif