WISATA

Trip.com Umumkan Trip Innovation Fund senilai USD100 juta untuk Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan

A. Firdaus
Selasa 27 Mei 2025 / 20:13
Shanghai: Trip.com membeberkan roadmap masa depan mereka pada konferensi global Envision 2025 yang diadakan di Shanghai International Convention Center (SICC), Shanghai, Senin 26 Mei 2025. Pada kesempatan besar tersebut, Trip.com mengumumkan program besar Trip Innovation Fund yang bertajuk USD100.000.000 Global Strategic Partnership.

Program yang menekankan pada dana inovasi pariwisata berkelanjutan itu, diumumkan oleh CEO Trip.com Jane Sun di depan lebih dari 3000 pemimpin dan mitra perjalanan dari berbagai negara di seluruh dunia.

Dana tersebut demi mempercepat terobosan dalam layanan perjalanan, mendorong pendekatan baru di seluruh pengembangan produk, digitalisasi, hingga kolaborasi internasional.

Baca juga: Hadir di Envision.2025 Trip.com, Pangeran Harry Usung Pentingnya Pariwisata Berkelanjutan

Seiring dengan merayakan pulihnya kembali industri pariwisata dan mengantisipasi pertumbuhan lebih lanjut, tren dan teknologi baru menawarkan kemungkinan yang menarik untuk meningkatkan pengalaman dan mendorong pembangunan yang inklusif.

James Liang, Co-founder dan Chairman Trip.com Group, menekankan peran penting yang terus dimainkan oleh inovasi dalam mendorong industri travel yang lebih maju, dan merupakan inti dari visi perusahaan.

"Saya menyoroti bagaimana teknologi mutakhir dan penawaran baru yang kreatif mendorong efisiensi dan meningkatkan pengalaman pengguna. Pada saat yang sama, kami memberikan solusi inovatif dalam memberdayakan warga lokal dan berkontribusi pada pertumbuhan yang berkelanjutan," ucap Liang.
 

Destinasi wisata ciptakan daya tarik baru


Destinasi wisata di seluruh dunia tengah berupaya menciptakan daya tarik baru dengan memadukan antara seni, teknologi, dan warisan budaya. Hal tersebut menurut Liang menjadi komitmen Trip.com untuk bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia demi mendorong inovasi dan potensi baru.


James Liang, Co-founder dan Chairman Trip.com Group. Dok. Ist

Berbagai upaya tersebut juga menjadi pemicu hadirnya dana inovasi pariwisata sebesar USD100 juta untuk mendukung destinasi, organisasi, dan individu dalam mewujudkan ide-ide berani untuk menjadi kenyataan.

"Perjalanan dan inovasi merupakan kekuatan vital dalam ekonomi dunia, dan di antara kegiatan yang paling bermakna dan memuaskan bagi umat manusia," kata Liang.

"Inovasi telah mendorong industri perjalanan maju, mulai dari memajukan keberlanjutan hingga pengalaman yang mendalam. Melalui Dana Inovasi Pariwisata baru kami, kami mendukung para pelancong untuk bepergian lebih jauh bersama-sama, membentuk masa depan yang lebih baik bagi umat manusia di masa depan," terangnya.

Yang mengejutkan dan menjadi momen penting di Envision.2025 adalah, peluncuran dana tersebut disaksikan langsung oleh Prince Harry, The Duke of Sussex. Ia merupakan founder Travalyst, partner nirlaba yang juga menjadi mitra Trip.com dalam melancarkan program berkelanjutan di bidang pariwisata.
 

Pilar-pilar utama yang menjadi sasaran 


Berlandaskan momentum tersebut, Trip.com Group meluncurkan Dana Inovasi Pariwisata, sebuah inisiatif (diperkirakan sekitar USD100 juta) yang dirancang untuk memicu gelombang terobosan berikutnya dalam perjalanan. Dana tersebut bertujuan untuk mendukung inovasi komersial dan ide-ide inovatif yang membentuk kembali cara orang bergerak, terhubung, dan menjelajahi dunia.

Dana tersebut berpusat pada pilar-pilar utama berikut:
 

- Inovasi pengalaman destinasi


Mendukung inisiatif berskala besar dan berdampak tinggi seperti festival digital dan acara bersantap imersif untuk mempromosikan destinasi yang kurang dikenal secara internasional dan mengangkat pariwisata budaya, terutama di kota-kota yang sedang berkembang.
 

- Penghargaan inovasi pariwisata


Penghargaan global bergengsi, dengan pendanaan sekitar USD1,4 juta, untuk mengapresiasi pelaku dan organisasi atas inovasi luar biasa dalam pariwisata di seluruh keberlanjutan, teknologi, warisan budaya, destinasi wisata, dan banyak lagi.

Dengan mendukung proyek-proyek terobosan di setiap level, dana tersebut memposisikan Trip.com Group sebagai landasan peluncuran untuk era perjalanan global berikutnya.
 

- Menyatukan dunia melalui perjalanan


Untuk memperkuat misinya dalam membuat perjalanan lebih mudah diakses dan saling terhubung, Trip.com Group mengumumkan kolaborasi baru dengan dewan pariwisata nasional dan grup perhotelan terkemuka. Ini termasuk Austria Tourism dan Tourism New Zealand, dan lain-lain.

Di bidang perhotelan, kerja sama juga dilakukan bersama Archipelago International dari Indonesia, Seafest Hotel Group (Seafest Sdn Bhd) dari Malaysia, dan Centara Hotels & Resorts dari Thailand. Cara ini akan memperluas jaringan akomodasi Trip.com Group di seluruh koridor perjalanan utama di Asia dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH