KULINER

Setup Tapai Singkong, yang Hangat dan Legit untuk Buka Puasa

Mia Vale
Rabu 20 April 2022 / 07:05
Jakarta: Pastinya kamu pernah mendengar masakan dengan nama setup. Setup sendiri adalah sebuah teknik memasak dengan cairan. Bisa jadi cairan itu berupa kaldu, susu, air, atau santan dengan menggunakan api kecil. 

Cairan dan bahan yang digunakan biasanya jumlahnya sama. Tujuannya untuk mematangkan makanan secara perlahan agar tekstur makanan menjadi lunak. Salah satunya adalah setup tapai singkong.

Tapai atau tape sendiri adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya beras ketan dan umbi singkong. 

Nah, kalau ENDEUSiast sedan ingin berbuka kudapan dengan tapai singkong dan kuah santan, bisa membuat resep setup tapai singkong yang terasa legit dan enak dimakan selagi hangat. Jangan berlama-lama, mari buat sendiri resep setup tapai atau tape singkong dari Endeus TV berikut ini.
 

Bahan setup tape singkong:


450 gr tape singkong, buang seratnya
700 ml santan sedang
200 gr gula pasir
7 cm kayu manis
2 lembar daun pandan, ikat simpul
 

Cara membuat setup tape singkong:


1. Potong-potong tape bentuk dadu 4 cm, sisihkan
2. Dalam panci, masukkan santan, gula pasir, kayu manis, dan daun pandan. Masak sambil ditimba-timba hingga mendidih
3. Masukkan tape singkong, aduk perlahan agar tape singkong tidak hancur. Angkat. Sajikan selagi hangat

Tips: Pilih tape singkong berwarna kuning dengan tekstur lebih lembut dan legit. Hindari tape singkong yang berair, agar tak mudah hancur saat dimasak.




(TIN)

MOST SEARCH