KULINER

Sambal China yang Lagi Viral di TikTok, Pedasnya Bikin Nagih

Mia Vale
Kamis 22 September 2022 / 08:05
Jakarta: Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal, sama saja dengan sayur tanpa garam. Di mana pun mereka tinggal, bahkan di luar negeri sekalipun, pelengkap menu ini enggak boleh ketinggalan. 

Apalagi bila makan ala-ala masakan Sunda, wah, gabungan sambal, ikan asin, lalapan, ditambah petai, pasti sangat menggugah selera. Dijamin tangan tidak akan berhenti untuk menyendok nasi hangat berkali-kali.

Tapi, tahukah kamu, bahwa ternyata sambal bukan hanya ada di Indonesia. Karena ada beberapa negara yang juga memiliki sambal khas yang tak kalah pedas dan nikmat. Korea Selatan misalnya, negara K-Pop ini memiliki gochujang uang merupakan sambal atau saus sebagai pelengkap makanan. 

Sambal ini terbuat dari cabai merah segar, beras ketan, serta hasil fermentasi kacang kedelai. Chili oil merupakan salah satu jenis sambal khas dari Jepang. Terbuat dari dua jenis bahan cabai yakni cabai kering yang di giling bersamaan dengan cabai segar serta ditambahkan dengan minyak secukupnya. 

Dan yang lagi hits sekarang ini adalah sambal dari China yang bila dilihat mirip sambal bajak, di mana cabai yang diulek atau diblende masih setengah kasar. 

Yang pasti, sambal ini cukup viral di kalangan warga TikTok, dan enak dinikmati dengan nasih hangat, walaupun tanpa lauk. Yummy! Penasaran? Sebuah akun Instagram @henjiwong akan berbagi resepnya. Pokoknya enggak pakai ribet.
 

Bahan sambal China:


6 siung bawang putih
20 buah cabai merah keriting
6 buah cabai ijo keriting
Garam secukupnya
Mecin secukupnya
Gula secukupnya
 

Bahan minyak sambal:


1 ruas jahe, iris
3 kayu manis
Batang daun bawang secukupnya
6 siung bawang merah (bagi 2)
3  Daun salam
Daun Sichuan papercorn secukupnya
Minyak sayur
 

Cara membuat sambal China: 


1. Blender semua bawang putih
2. Masukkan cabai merah keriting dan hijau keriting lalu blender kasar 
3. Setelah jadi, tuang ke wadah, lalu masukkan garam, mecin, gula sesuai selera. Aduk rata dan sisihkan
4. Masukkan bahan minyak sambal ke panci lalu tuang minyak dan masak hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan tiriskan
5. Lalu tuang minyak ke wadah sambal dan aduk rata



(Resep sambal China dari Henjiwong. Yuk, recreate di rumah. Video: Dok. Instagram Henjiwong | JktFoodIndulgence/@henjiwong)
(TIN)

MOST SEARCH