KULINER

Ngopi Sambil Peduli Bumi? Ini Konsep Gerai Kopi Ramah Lingkungan Terbaru

Aulia Putriningtias
Jumat 01 Agustus 2025 / 12:10
Jakarta: Kopi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi beberapa masyarakat. Pun, dalam memilih kopi, bukan hanya soal rasa, tetapi bagaimana suatu merek dapat menjaga lingkungan atau tidak.

Kopi Kenangan, salah satu jenama kopi ternama di Indonesia pun mengukuhkan komitmen mereka melalui pembukaan gerai hijau pertamanya di Alam Sutera, Tangerang Selatan.  Peluncuran gerai ini menjadi langkah strategis dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

Uniknya, gerai ini benar-benar diperhitungkan dengan matang. Bukan hanya perihal banyak tanaman hijau, tetapi dalam segi energi yang digunakan juga dipikirkan. Kopi Kenangan bekerja sama dengan Green Building Council Indonesia dalam mewujudkan ini.

Baca juga: Waktu yang Tepat Minum Kopi untuk Menurunkan Risiko Mati Muda

Pada gerai ini, menggunakan 70 persen cahaya alami, peralatan hemat energi, lampu LED serta sensor gerak, serta pengaturan suhu AC yang efisien. Selain itu, mesin kopi, salah satu penyumbang pemakaian energi terbanyak, dimatikan pada saat aktivitas toko sedang sepi.

Dalam segi bahan baku, menggunakan kemasan dengan sertifikat daur ulang, memilih sumber produk lokal untuk mengurangi emisi karbon, serta memastikan bahan baku dan perlengkapan serta peralatan yang digunakan bebas dari bahan kimia berbahaya.



Beberapa furniture di gerai ini seperti bangku, meja, dan lampu dibuat dari 546 kg bahan daur ulang sampah plastik. Ini setara dengan 45.500 gelas plastik menu Kopi Kenangan Mantan.

Kopi Kenangan juga melakukan pemilahan sampah organik (ampas kopi) dan anorganik (kemasan plastik dan tas spunbond), serta mendaur ulang kedua jenis sampah tersebut. Ampas kopi diolah menjadi kompos dan pakan ternak.

Peluncuran gerai Alam Sutera ini merupakan bagian dari pilar keberlanjutan Protect Our Planet. Hal ini di mana menjadi komitmen jangka panjang Kopi Kenangan dalam menjaga lingkungan keberlanjutan. 

"Gerai ramah lingkungan ini adalah langkah awal kami dalam mengurangi jejak lingkungan, serta menjawab harapan konsumen kami yang mayoritas adalah generasi muda, terhadap kepedulian isu lingkungan,” ujar Edward Tirtanata, selaku Co-Founder dan Group CEO Kenangan Brands, Kamis, 31 Juli 2025.
 

Edukasi dengan pelanggan untuk ikut jaga lingkungan


Inneke Lestari selaku Head of Legal & Corporate Affairs Kenangan Brand mengatakan bahwa memang dalam mengedukasi pelanggan adalah salah satu komitmen Kopi Kenangan untuk ikut serta mengajak menjaga llingkungan.



Salah satu caranya adalah pelanggan yang membawa tumbler pribadi (hanya merek Kopi Kenangan) mendapatkan diskon 20 persen. Sementara kompos dari ampas kopi tersedia gratis untuk yang hobi berkebun. 

Tak hanya itu, gerai ini menjual merchandise dari bahan daur ulang seperti gantungan kunci, coaster, dan tempat tisu. Selain itu, tersedia Sustainability Corner sebagai sarana edukatif berisi informasi interaktif mengenai praktik keberlanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)

MOST SEARCH