FITNESS & HEALTH

5 Obat Rumahan Ini Bantu Kontrol Kolesterol

Mia Vale
Minggu 26 Desember 2021 / 07:00
Jakarta: Pilihan gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu alasan utama di balik kolesterol tinggi. Tapi apa sebenarnya kolesterol itu? Kolesterol adalah zat seperti lilin yang diproduksi di hati dan memiliki banyak fungsi penting. Seperti lemak, kolesterol tidak disimpan dalam air. 

Transportasi kolesterol dalam tubuh tergantung pada molekul yang disebut lipoprotein yang membawa kolesterol dalam darah. 

Berbagai lipoprotein memiliki efek yang berbeda pada tubuh seseorang. Misalnya, kadar lipoprotein densitas rendah (LDL) yang tinggi mengakibatkan simpanan kolesterol di dinding pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. 

High-density lipoprotein (HDL), di sisi lain, mengambil kolesterol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung. Mengutip dari lansiran Times Now News, berikut beberapa obat rumahan yang bisa membantu mengontrol kolesterol.  
 

1. Madu 


Madu kaya akan vitamin dan mineral yang membantu menjaga kolesterol. Antioksidan dalam madu tidak membiarkan kolesterol keluar dari darah. Mereka membatasi masuknya kolesterol ke dalam lapisan pembuluh darah. Satu sendok teh madu harus ditambahkan ke dalam secangkir air. 


obat rumahan untuk kolesterol
(Kunyit maupun madu merupakan bahan alami yang sama-sama dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh.Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Kunyit 


Kunyit mengurangi kolesterol yang disimpan di dinding arteri. Tambahkan kunyit ke sayuran atau tambahkan kunyit ke dalam segelas susu dan minum sebelum tidur. Ini akan mengurangi kolesterol jahat. Namun, cara terbaik adalah meminum larutan setengah sendok teh kunyit dan air hangat setelah bangun tidur di pagi hari 
 

3. Bawang putih 


Mengandung senyawa belerang yang meningkatkan sifat terapeutik. Berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan manfaat bawang putih dalam menurunkan kolesterol total dan LDL secara signifikan. Mengonsumsi setengah sampai satu siung bawang putih setiap hari dapat mengurangi kolesterol hingga sembilan persen. 
 

4. Biji ketumbar (dhaniya) 


Biji ketumbar telah disebutkan dalam Ayurveda untuk berbagai penyakit. Ini memiliki tingkat antioksidan yang tinggi yang menurunkan kolesterol. Untuk menggunakannya, rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam air selama dua menit. Pertama, harus disaring lalu diminum.
 

5. Teh hijau 


Teh hijau memiliki konsentrasi polifenol tertinggi yang tidak hanya menurunkan kolesterol LDL tetapi juga meningkatkan kolesterol HDL. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol teh dapat memblokir penyerapan kolesterol di usus dan membantu menyingkirkannya. Minum dua-tiga cangkir teh hijau untuk mengontrol kolesterol. 

Jangan lupa, seseorang harus memastikan bahwa kadar kolesterol tinggi pada dasarnya adalah penyakit gaya hidup. Maka dari itu makan dengan benar dan berolahraga setiap hari otomatis menjauhkan kita dari penyakit ini. 

Merokok dan minum alkohol buruk untuk menjaga kadar kolesterol. Lemak trans seperti makanan olahan dan kemasan juga harus dihindari. Dan selalu konsultasikan ke dokter jika kondisi kesehatan serius.
(TIN)

MOST SEARCH