FITNESS & HEALTH
Ini Langkah Pertama yang Dilakukan Dokter saat Melayani Pasien via Telemedicine
Medcom
Jumat 07 Oktober 2022 / 14:24
Jakarta: Teknologi kian hari semakin berkembang, termasuk di bidang kesehatan. Pasien sekarang lebih mudah untuk berkonsultasi melalui ponsel pintar mereka karena sudah banyak yang melayani konsultasi secara daring.
Salah satu manfaat berkonsultasi secara daring adalah selain simpel, juga mendapatkan dokter terpercaya dan melayani dengan totalitas. Seperti salah satu dokter dari Alodokter, dr. Robby Hermawan, SpOG. Terbukti, ia mendapatkan review sempurna oleh 10 ribu lebih pengguna di aplikasi kesehatan tersebut.
Sejak bergabung tiga tahun lalu, dr. Robby dinilai dapat menenangkan pasiennya untuk mendapatkan kepercayaan. Dokter lulusan Universitas Diponegoro tersebut juga menekankan pentingnya dokter untuk mendapat dan menjaga kepercayaan pasien.
Kunci suksesnya, saat pasien berikan keluhan, langkah pertama yang dilakukan oleh dr. Robby adalah memastikan pasien tenang secara psikologis. Karena jika psikis tenang, pasien cenderung lebih percaya dan menerima diagnosis serta anjuran dari dokter.
“Penting untuk dokter bisa memberikan konsultasi online dengan maksimal dan memberikan analisa yang tepat rasa kepada pasien. Yang esensial adalah tangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami pasien supaya mereka merasa tenang dan aman.” ujar dr. Robby Hermawan, SpOG.
Meski tak dapat melihat langsung reaksi pasien yang berkonsultasi online bersama beliau, dr. Robby selalu menanyakan pertanyaan anamnesis lebih detail dan menyeluruh. Tidak hanya itu, hasil USG atau Pap smear pasien sebelumnya juga diminta untuk mendukung hasil konsultasi via chat.
Tidak semulus kelihatannya, dr. Robby juga pernah mengalami hambatan. Cara menyiasatinya adalah dengan memberikan artikel yang dapat dimengerti kepada para pasien serta siap menjawab pertanyaan-pertanyaan apabila pasien membutuhkannya.

dr. Robby Hermawan, SpOG. (Foto: Alodokter)
“Dari awal, dr. Robby selalu memberikan perpaduan yang tepat antara pendidikan dan pengetahuan klinis terbaik dengan semangat yang kuat untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi para pasiennya. Dokter seperti dr. Robby inilah mengapa kami bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap dan unggul di setiap langkah perjalanan medis masyarakat Indonesia” kata Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.
Lebih lanjut, dr. Robby selalu percaya bahwa telemedicine berkonsultasi secara online dapat meningkatkan pemberian layanan medis mudah, terjangkau, dan berkualitas di seluruh pelosok Indonesia.
Beliau juga percaya bahwa pemerintah perlu memperluas jaringan internet, sehingga masyarakat Indonesia di pelosok manapun bisa mengakses layanan kesehatan dari manapun dan kapanpun dengan biaya yang rendah.
Aulia Putriningtias
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Salah satu manfaat berkonsultasi secara daring adalah selain simpel, juga mendapatkan dokter terpercaya dan melayani dengan totalitas. Seperti salah satu dokter dari Alodokter, dr. Robby Hermawan, SpOG. Terbukti, ia mendapatkan review sempurna oleh 10 ribu lebih pengguna di aplikasi kesehatan tersebut.
Sejak bergabung tiga tahun lalu, dr. Robby dinilai dapat menenangkan pasiennya untuk mendapatkan kepercayaan. Dokter lulusan Universitas Diponegoro tersebut juga menekankan pentingnya dokter untuk mendapat dan menjaga kepercayaan pasien.
Kunci suksesnya, saat pasien berikan keluhan, langkah pertama yang dilakukan oleh dr. Robby adalah memastikan pasien tenang secara psikologis. Karena jika psikis tenang, pasien cenderung lebih percaya dan menerima diagnosis serta anjuran dari dokter.
“Penting untuk dokter bisa memberikan konsultasi online dengan maksimal dan memberikan analisa yang tepat rasa kepada pasien. Yang esensial adalah tangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami pasien supaya mereka merasa tenang dan aman.” ujar dr. Robby Hermawan, SpOG.
Meski tak dapat melihat langsung reaksi pasien yang berkonsultasi online bersama beliau, dr. Robby selalu menanyakan pertanyaan anamnesis lebih detail dan menyeluruh. Tidak hanya itu, hasil USG atau Pap smear pasien sebelumnya juga diminta untuk mendukung hasil konsultasi via chat.
Tidak semulus kelihatannya, dr. Robby juga pernah mengalami hambatan. Cara menyiasatinya adalah dengan memberikan artikel yang dapat dimengerti kepada para pasien serta siap menjawab pertanyaan-pertanyaan apabila pasien membutuhkannya.
dr. Robby Hermawan, SpOG. (Foto: Alodokter)
“Dari awal, dr. Robby selalu memberikan perpaduan yang tepat antara pendidikan dan pengetahuan klinis terbaik dengan semangat yang kuat untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi para pasiennya. Dokter seperti dr. Robby inilah mengapa kami bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap dan unggul di setiap langkah perjalanan medis masyarakat Indonesia” kata Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.
Lebih lanjut, dr. Robby selalu percaya bahwa telemedicine berkonsultasi secara online dapat meningkatkan pemberian layanan medis mudah, terjangkau, dan berkualitas di seluruh pelosok Indonesia.
Beliau juga percaya bahwa pemerintah perlu memperluas jaringan internet, sehingga masyarakat Indonesia di pelosok manapun bisa mengakses layanan kesehatan dari manapun dan kapanpun dengan biaya yang rendah.
Aulia Putriningtias
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)