FITNESS & HEALTH

Lakukan Stretching, Rasakan 9 Manfaatnya

Mia Vale
Rabu 27 Oktober 2021 / 10:00
Jakarta: Sebelum memulai olahraga, biasanya peregangan dilakukan. Ini dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap, lentur, kuat, dan sehat. Namun ternyata, walaupun kita tidak berolahraga, peregangan tetap diperlukan, loh. 

Peregang teratur tidak hanya dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, yang merupakan faktor penting kebugaran. Mau tahu lebih lanjut tentang manfaat stretching? Yuk, baca sampai habis!
 

1. Meningkatkan fleksibilitas


Fleksibilitas yang lebih baik tidak hanya dapat membantu melakukan aktivitas sehari-hari dengan relatif mudah, tapi juga dapat membantu menunda penurunan mobilitas yang dapat menyertai penuaan. 
 

2. Meningkatkan jangkauan gerak


Peregangan secara teratur dapat membantu meningkatkan rentang gerakmu. Satu studi menemukan bahwa peregangan statis dan dinamis efektif dalam hal meningkatkan rentang gerak.
 

3. Meningkatkan kinerja aktivitas fisik


Stretching sebelum beraktivitas fisik terbukti membantu mempersiapkan otot untuk aktivitas tersebut. Pun dapat membantu meningkatkan kinerja dalam olahraga atletik.
 

4. Meningkatkan aliran darah ke otot


Peregangan secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah ke otot. Ini dapat mempersingkat waktu pemulihan dan mengurangi nyeri otot.


manfaat stretching
(Manfaat peregangan salah satunya adalah memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang baik dapat memperkecil rasa tidak nyaman dan mencegah keluhan nyeri saat melakukan kegiatan apa pun. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

5. Memperbaiki postur tubuh


Satu studi menemukan bahwa kombinasi penguatan dan peregangan kelompok otot tertentu dapat mengurangi nyeri muskuloskeletal dan mendorong penyelarasan yang tepat. Dan pada akhirnya dapat membantu memperbaiki postur tubuh.
 

6. Membantu penyembuhan dan mencegah sakit pinggang


Peregangan dapat membantu menyembuhkan cedera punggung yang ada dengan meregangkan otot. Rutinitas peregangan yang teratur juga dapat membantu mencegah nyeri punggung di masa depan dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot.
 

7. Menghilangkan stres


Saat stres, ada kemungkinan otot menjadi tegang. Lakukan peregangan sejenak dan fokuskan pada area tubuh di mana cenderung menahan stres, seperti leher, bahu, dan punggung bagian atas.
 

8. Menenangkan pikiran


Saat melakukan peregangan, pikiran bisa menjadi tenang. Fokuslah pada latihan kesadaran dan meditasi, yang membuat pikiran beristirahat secara mental. 
 

9. Mengurangi sakit kepala


Selain diet yang tepat, hidrasi yang cukup, dan banyak istirahat, peregangan dapat membantu mengurangi ketegangan yang kamu rasakan akibat sakit kepala. Jadi, untuk memperoleh manfaat itu semua, lakukanlah peregangan 5 sampai 10 menit. Selamat mencoba! 
(TIN)

MOST SEARCH