FITNESS & HEALTH

4 Gejala Prediabetes yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Terlambat

Mia Vale
Minggu 03 Juli 2022 / 14:00
Jakarta: Ketika kadar gula (glukosa) dalam darah melebihi batas normal itulah gejala diabetes atau tanda prediabetes. Mereka mungkin menyebutnya gangguan glukosa puasa atau gangguan toleransi glukosa. Penderita diabetes tipe 2 hampir selalu mengalami prediabetes terlebih dulu. Dan umumnya tidak menimbulkan gejala.

Sebagaimana yang dinukil dari laman WebMD, perawatan prediabetes dapat mencegah masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk diabetes tipe 2 dan masalah dengan jantung, pembuluh darah, mata, dan ginjal. Lantas, apa saja tanda prediabetes yang harus diwaspadai?

Faktor risiko prediabetes sama dengan diabetes tipe 2. Seseorang harus menjalani tes prediabetes jika berusia 45 tahun atau lebih. Jika kurang dari 45 tahun, harus menjalani tes jika ada kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki satu atau lebih faktor risiko berikut: 



(Pada prediabetes, kadar gula darah puasa mengalami kenaikan dan bisa mencapai 100–125 mg/dl. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 
  1. 1. Tes diabetes sebelumnya menunjukkan risiko diabetes 
  2. 2. Orang tua, saudara kandung, atau anak dengan riwayat diabetes 
  3. 3. Gaya hidup tidak aktif dan kurang olahraga teratur 
  4. 4. Tekanan darah tinggi (140/90 mm Hg atau lebih tinggi) 
  5. 5. Kolesterol HDL (baik) rendah atau trigliserida tinggi 
  6. 6. Riwayat penyakit jantung Riwayat diabetes selama kehamilan (diabetes gestasional) 
  7. 7. Kondisi kesehatan yang berhubungan dengan resistensi insulin (sindrom ovarium polikistik, acanthosis nigricans, obesitas berat)
 
Baca Juga: Penelitian Dosen IPB Ungkap Tempe Baik Bagi Penderita Diabetes


Gejala prediabetes 


Kondisi prediabetes sayangnya cenderung "diam", jarang menimbulkan gejala yang nyata. Faktanya, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kira-kira lebih dari satu dari tiga orang dewasa di Amerika Serikat (AS) memiliki prediabetes. 

Dari mereka, 84 persen tidak mengetahuinya. Karena kurangnya gejala, kebanyakan orang tidak tahu persis kapan prediabetes mereka dimulai setelah didiagnosis menunjukkan bahwa: 
  1. 1. Jauh lebih merasa lapar atau haus dari biasanya
  2. 2. Frekuensi kencing banyak
  3. 3. Penglihatan kabur
  4. 4. Kamu jauh lebih lelah dari biasanya

Gejala Prediabetes ini pada umumnya menyerang orang dewasa dengan usia antara 40 dan 60 tahun.
 

Kapan ke dokter?


Bila merasa khawatir tentang diabetes atau jika melihat tanda atau gejala prediabetes, segera periksa ke dokter. Jangan lupa tanyakan mengenai pemeriksaan gula darah jika memiliki faktor risiko diabetes.

Cek berita medcom.id terbaru dan menarik lainnya di Google News
(TIN)

MOST SEARCH