End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Inilah Cara Pasien Diabetes Tetap Aman Selama Wabah Covid Baru

Mia Vale
Rabu 11 Januari 2023 / 13:00
Jakarta: Mengingat lonjakan kasus corona di China, yang kemungkinan besar akan bergema secara global dengan implikasi yang serius, perlu adanya peningkatan langkah-langkah pencegahannya terhadap badai covid yang akan datang.

Peringatan covid baru ini pun telah menimbulkan kekhawatiran bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan mendasar seperti diabetes, masalah jantung, hipertensi, gangguan pernapasan, komplikasi ginjal. Pasalnya mereka lebih rentan terhadap risiko yang lebih tinggi jika tertular covid.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes ketika terinfeksi virus covid, memiliki risiko lebih tinggi terkena pneumonia dan peradangan parah, risiko rawat inap lebih tinggi, risiko lebih tinggi membutuhkan dukungan ventilator, dan peningkatan risiko kematian.

Makkar, Ahli Diabetes Senior, Presiden, RSSDI, mengatakan, “Orang dengan diabetes telah merusak sistem kekebalan yang membuat mereka rentan terhadap komplikasi parah dengan infeksi di dalam tubuh, terutama jika virusnya adalah covid."


(Mematuhi protokol kesehatan dapat mencegah dari penularan virus covid. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Nah, melansir dari Times of India, berikut cara menjaga diri aman dari covid bila kamu seorang penderita diabetes:

- Mematuhi protokol standar dan pedoman yang diberikan oleh pemerintah mengenai gejala, praktik kebersihan, mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan tangan.

- Hindari berkeliaran di luar sebanyak mungkin dan jika tidak maka ikuti langkah-langkah jarak sosial dengan benar.

- Minum obat secara teratur. Pastikan memiliki stok obat diabetes yang cukup. Selalu simpan obat  untuk mengobati hipoglikemia atau kondisi diabetes lainnya.

- Periksa gula darah secara teratur dan pastikan berada dalam rentang kendali yang baik.

- Pastikan membawa atau memiliki persediaan insulin ekstra untuk berjaga-jaga jika lockdown kembali terjadi.

- Jangan mengobati sendiri. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat apa pun.

- Waspadai tanda-tanda hipoglikemia (gula darah rendah) atau ketoasidosis diabetik. Kondisi ini berpotensi mengembangkan komplikasi yang mengancam jiwa di antara penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 1.

- Selama pandemi, menjaga gaya hidup sehat dan mengikuti rutinitas harus dilakukan oleh penderita diabetes. Jangan melewatkan aktivitas fisik dan mulai berolahraga di rumah.

- Pastikan mengonsumsi makanan bergizi dan hindari makananyang digoreng.

- Tetap konsultasi dengan dokter. Jika kadar gula darah sering berfluktuasi, jangan ragu untuk mencari pertolongan medis.

Dengan munculnya varian baru covid dan meningkatnya kasus di banyak negara bagian, lebih baik mengikuti tindakan pencegahan daripada mencari obatnya. Tetap ikuti aturan prokes dan terinformasi dapat membantu diri sendiri dan keluarga sedini mungkin.

(yyy)

MOST SEARCH