FITNESS & HEALTH

Beberapa Jenis Minuman yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Raka Lestari
Rabu 20 April 2022 / 14:09
Jakarta: Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami banyak orang. Jika tidak ditangani dengan baik, tekanan darah tinggi dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti serangan jantung dan stroke.

Namun darah tinggi atau hipertensi ini merupakan kondisi yang sebenarnya bisa dicegah. Dengan melakukan perubahan kecil pada gaya hidup dan pola makan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kesehatan.

Para ahli umumnya merekomendasikan untuk mengurangi garam pada makanan sehari-hari. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran juga dapat membantu mengatur gula darah.

Selain itu, ada beberapa minuman juga bisa mengurangi risiko tekanan gula darah tinggi seperti berikut ini:
 

1. Teh hijau


Sebuah studi pada 2004 menemukan bahwa, teh hijau dapat membantu mengurangi tekanan gula darah berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 25 peserta. Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dalam jangka panjang, atau setidaknya selama 12 minggu sangat bagus untuk mengatur tekanan darah.
 

2. Jus buah bit


Dilansir dari Daily Express, para peneliti di London menemukan bahwa minum satu gelas jus buah bit setiap harinya dapat membantu menjaga dan mengembalikan tekanan darah ke kondisi normal. Menurut British Heart Foundation, efek yang diberikan dari minum jus buah bit adalah kandungan yang tinggi dari senyawa kimia bernama nitrat, yang ditemukan dalam buah bit dan sayuran hijau lainnya seperti kale dan kol.

Para ahli menyarankan untuk tidak merebus buah bit sebelum dikonsumsi. Cobalah untuk mengukus, memanggang atau menjadikan buah bit sebagai jus atau smoothies untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan manfaat yang lebih baik.
 

3. Kombucha


Kombucha memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi. Minuman ini juga dikenal dapat mempertahankan bakteri baik yang menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan.

Berdasarkan tinjauan dari 9 studi sebelumnya, dengan mengonsumsi probiotik selama lebih dari delapan minggu dapat membantu untuk menjaga tekanan darah berada pada level normal. Yogurt, kimchi, miso, tempe dan makanan fermentasi lainnya dapat memberikan manfaat yang sama seperti Kombucha.
(FIR)

MOST SEARCH