FITNESS & HEALTH

Tips Bagi Ibu Menyusui Mengasuh Bayi Jika Kontak Erat atau Positif Covid-19

Rendy Renuki H
Selasa 01 Februari 2022 / 18:16
Jakarta: Perkembangan covid-19 saat ini kembali menjadi ancaman, ditambah semakin meluasnya penyebaran varian Omicron. Per Selasa, 1 Februari 2022, jumlah terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 16.021 kasus/orang.

Situasi itu tentu menjadi kendala bagi ibu menyusui atau yang sedang mengasuh bayi. Pasalnya, bayi masuk ke dalam kategori kelompok yang rentan terhadap paparan virus. 

Tak jarang ibu menyusui atau yang sedang mengasuh bayi menemui kendala saat dalam keadaan melakukan kontak erat atau terkonfirmasi positif Covid-19. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan panduan bagi keluarga dan masyarakat.

Panduan itu berisi cara pencegahan dan isolasi mandiri terutama untuk anak dan remaja. Termasuk di dalamnya tips untuk ibu menyusui atau sedang mengasuh bayi jika kontak erat maupun terkonfirmasi positif covid-19.

Tips mengasuh bayi jika ibu kontak erat atau positif covid-19

1. Inisiasi menyusui dini:
  • Dapat dilakukan (menyusui) bila status ibu adalah kontak erat atau kasus suspek covid-19 dan dapat dipertimbangkan pada ibu dengan status terkonfirmasi covid-19 (gejala ringan/ tanpa gejala), bila klinis Ibu maupun bayi baru lahir dikatakan stabil.
  • Ibu dapat menggunakan APD minimal masker.
  • Pastikan mencuci tangan sebelum menyentuh dan menyusui bayi, serta melakukan etika batuk yang baik.
2. Bayi sehat dari ibu suspek covid-19 dapat dirawat gabung dan menyusu langsung dengan mematuhi protokol pencegahan secara tepat.

3. Bayi dari ibu terkonfirmasi covid-19 dilakukan perawatan di ruang isolasi khusus terpisah dari ibunya.

4. Jika kondisi ibu tidak memungkinkan merawat bayinya, maka keluarga lain yang berkompeten dan tidak terinfeksi Covid-19 dapat merawat bayi, termasuk membantu pemberian ASI perah selama Ibu dalam perawatan.

5. Pastikan ASI diperah mengikuti protokol kesehatan, botol ASI dibersihkan sebelum diberikan kepada pengasuh lain.
(REN)

MOST SEARCH