FITNESS & HEALTH
Generasi Millenial dan Gen Z Sudah Memprioritaskan Hal Terbaik untuk Keluarga
Medcom
Sabtu 18 Januari 2025 / 13:15
Jakarta: PT Prudential Life Assurance melakukan studi terkait pentingnya asuransi bagi generasi millenials dan Gen Z. Berdasarkan riset tersebut, ditemukan bahwa sebagian besar responden sudah mulai memprioritaskan hal terbaik untuk keluarga.
Kendati demikian masih mengharapkan yang terbaik untuk diri sendiri atau 'what's best for me' dalam hal mencari manfaat perlindungan dan produk asuransi sebagai investasi terhadap diri sendiri.
Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang masih mengalami berbagai tantangan finansial, termasuk mereka yang menjadi tulang punggung keluarga (breadwinner) atau menanggung satu dan bahkan dua generasi (generasi sandwich).
Riset Asian Development Bank (ADB) yang dirilis pada Mei 2024 menyebutkan, sebanyak 50% lansia di Indonesia masih bergantung pada anggota keluarganya, terutama anaknya, untuk kelangsungan hidupnya. Data yang serupa juga ditemukan pada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, di mana 44,6% masyarakat Indonesia memiliki ketergantungan terhadap usia produktif.
Baca juga: Mengenal Simmer Dating, Tren Gaya Kencan Santai Ala Gen Z
Selain itu, berdasarkan consumer research yang Prudential Indonesia lakukan tahun 2023, dilaporkan bahwa sekitar 70% konsumen Indonesia dengan usia produktif (25-45 tahun) tidak memiliki atau belum mempersiapkan proteksi sebagai safety net untuk pendapatan mereka.
Lebih jauh, jumlah kelas menengah di Indonesia menurun menjadi 47,85 juta jiwa pada tahun 2024 (turun 9,48% dibandingkan 2019). Dari total kelas menengah ini, hampir setengahnya merupakan milenial dan gen Z, masing-masing sebesar 24,6% dan 24,12%.
Hal ini membuat kondisi ketahanan finansial anak muda di Indonesia yang semakin sulit, termasuk mereka yang merupakan generasi sandwich. Kondisi ini memberikan risiko yang cukup tinggi, di mana apabila sang tulang punggung keluarga jatuh sakit atau meninggal dunia, maka akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial dan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.
Dengan fakta ini, generasi muda sekarang sudah mengerti akan pentingnya mempersiapkan dana darurat atau emergency fund sedini mungkin, dimana 82% dari mereka sudah melakukan hal tersebut, dan 65% dari mereka sudah mengalokasikan dana bulanan untuk simpanan hari tua.
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) memperkuat komitmen untuk memberikan perlindungan keluarga Indonesia dengan meluncurkan PRUIncome Protection.
Program ini hadir sebagai solusi untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak muda, khususnya mereka yang menjadi tulang punggung (breadwinner) keluarga. Dengan premi per bulan yang relatif lebih terjangkau, PRUIncome Protection menawarkan berbagai manfaat.
Salah satunya adalah manfaat meninggal dunia, yang akan dibayarkan setiap bulan selama 24 bulan (2 tahun) sebagai pengganti pendapatan rutin bagi keluarga yang ditinggalkan.
Pilihan premi ini variatif mulai dari Rp300rb/bulan hingga Rp2 juta/bulan, produk ini menawarkan pilihan penggantian pendapatan yang fleksibel hingga Rp42 juta/bulan selama 2 tahun, untuk membantu memenuhi kebutuhan utama keluarga yang ditinggalkan. Apabila Nasabah masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, maka seluruh premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada Nasabah.
"Prudential Indonesia selalu berusaha untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dan tantangan bagi para Nasabah kami, termasuk anak muda," ucap Ivy Widjaja, Chief Partnership Distribution Prudential Indonesia.
Melihat bahwa anak muda Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan finansial, kami bersama UOB Indonesia berinisiatif menghadirkan PRUIncome Protection, sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan Nasabah akan perlindungan yang lebih komprehensif dengan harga premi yang terjangkau.
"Hanya dengan membayar premi selama 8 tahun, Nasabah dapat menikmati pertanggungan selama 12 tahun. Inovasi ini merupakan upaya kami untuk selalu hadir mendampingi generasi kini dan nanti, sama seperti kami mendampingi generasi sebelumnya," terang Ivy.
UOB Indonesia menyambut baik sinergi ini karena sejalan dengan kepedulian perusahaan akan perlindungan finansial generasi muda, salah satunya melalui produk asuransi perlindungan jiwa dari Prudential Indonesia.
"Peluncuran produk PRUIncome Protection menegaskan komitmen UOB Indonesia dalam menghadirkan solusi keuangan yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya generasi dan keluarga muda," ujar Bea Teh Tan, Consumer Banking Director UOB Indonesia.
"Kemitraan ini mencerminkan visi bersama untuk mendukung Nasabah kami dalam mengelola risiko dengan bijak, serta membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik," terangnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Kendati demikian masih mengharapkan yang terbaik untuk diri sendiri atau 'what's best for me' dalam hal mencari manfaat perlindungan dan produk asuransi sebagai investasi terhadap diri sendiri.
Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang masih mengalami berbagai tantangan finansial, termasuk mereka yang menjadi tulang punggung keluarga (breadwinner) atau menanggung satu dan bahkan dua generasi (generasi sandwich).
Riset Asian Development Bank (ADB) yang dirilis pada Mei 2024 menyebutkan, sebanyak 50% lansia di Indonesia masih bergantung pada anggota keluarganya, terutama anaknya, untuk kelangsungan hidupnya. Data yang serupa juga ditemukan pada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, di mana 44,6% masyarakat Indonesia memiliki ketergantungan terhadap usia produktif.
Baca juga: Mengenal Simmer Dating, Tren Gaya Kencan Santai Ala Gen Z
Selain itu, berdasarkan consumer research yang Prudential Indonesia lakukan tahun 2023, dilaporkan bahwa sekitar 70% konsumen Indonesia dengan usia produktif (25-45 tahun) tidak memiliki atau belum mempersiapkan proteksi sebagai safety net untuk pendapatan mereka.
Lebih jauh, jumlah kelas menengah di Indonesia menurun menjadi 47,85 juta jiwa pada tahun 2024 (turun 9,48% dibandingkan 2019). Dari total kelas menengah ini, hampir setengahnya merupakan milenial dan gen Z, masing-masing sebesar 24,6% dan 24,12%.
Hal ini membuat kondisi ketahanan finansial anak muda di Indonesia yang semakin sulit, termasuk mereka yang merupakan generasi sandwich. Kondisi ini memberikan risiko yang cukup tinggi, di mana apabila sang tulang punggung keluarga jatuh sakit atau meninggal dunia, maka akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial dan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.
Dengan fakta ini, generasi muda sekarang sudah mengerti akan pentingnya mempersiapkan dana darurat atau emergency fund sedini mungkin, dimana 82% dari mereka sudah melakukan hal tersebut, dan 65% dari mereka sudah mengalokasikan dana bulanan untuk simpanan hari tua.
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) memperkuat komitmen untuk memberikan perlindungan keluarga Indonesia dengan meluncurkan PRUIncome Protection.
Program ini hadir sebagai solusi untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak muda, khususnya mereka yang menjadi tulang punggung (breadwinner) keluarga. Dengan premi per bulan yang relatif lebih terjangkau, PRUIncome Protection menawarkan berbagai manfaat.
Salah satunya adalah manfaat meninggal dunia, yang akan dibayarkan setiap bulan selama 24 bulan (2 tahun) sebagai pengganti pendapatan rutin bagi keluarga yang ditinggalkan.
Pilihan premi ini variatif mulai dari Rp300rb/bulan hingga Rp2 juta/bulan, produk ini menawarkan pilihan penggantian pendapatan yang fleksibel hingga Rp42 juta/bulan selama 2 tahun, untuk membantu memenuhi kebutuhan utama keluarga yang ditinggalkan. Apabila Nasabah masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, maka seluruh premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada Nasabah.
"Prudential Indonesia selalu berusaha untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dan tantangan bagi para Nasabah kami, termasuk anak muda," ucap Ivy Widjaja, Chief Partnership Distribution Prudential Indonesia.
Melihat bahwa anak muda Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan finansial, kami bersama UOB Indonesia berinisiatif menghadirkan PRUIncome Protection, sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan Nasabah akan perlindungan yang lebih komprehensif dengan harga premi yang terjangkau.
"Hanya dengan membayar premi selama 8 tahun, Nasabah dapat menikmati pertanggungan selama 12 tahun. Inovasi ini merupakan upaya kami untuk selalu hadir mendampingi generasi kini dan nanti, sama seperti kami mendampingi generasi sebelumnya," terang Ivy.
UOB Indonesia menyambut baik sinergi ini karena sejalan dengan kepedulian perusahaan akan perlindungan finansial generasi muda, salah satunya melalui produk asuransi perlindungan jiwa dari Prudential Indonesia.
"Peluncuran produk PRUIncome Protection menegaskan komitmen UOB Indonesia dalam menghadirkan solusi keuangan yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya generasi dan keluarga muda," ujar Bea Teh Tan, Consumer Banking Director UOB Indonesia.
"Kemitraan ini mencerminkan visi bersama untuk mendukung Nasabah kami dalam mengelola risiko dengan bijak, serta membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik," terangnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)