FITNESS & HEALTH

Makan Alpukat 2 Kali Seminggu Kurangi Penyakit Jantung

Mia Vale
Rabu 20 April 2022 / 19:04
Jakarta: Penelitian baru yang diterbitkan di peer-review Journal dari Asosiasi Jantung Amerika menyatakan, kalau makan alpukat dua kali atau lebih setiap minggu, baik untuk jantung

Hal ini dikaitkan dengan 16 persen lebih rendah risiko penyakit kardiovaskular dan 21 persen lebih rendah risiko penyakit jantung koroner, dibandingkan dengan jarang atau tidak pernah makan alpukat. 

Para peneliti memelajari lebih dari 68.780 wanita, usia 30-55, dan lebih dari 41.700 pria, berusia 40-75, di AS selama lebih dari 30 tahun. Dan alpukat ditemukan sebagai pengganti margarin, mentega, dan makanan lain yang lebih sehat dengan lebih banyak lemak jenuh.  


alpukat dan penyakit jantung
(Alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin yang baik untuk tubuh. Dengan catatan, hindari pemakaian gula ya! Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)


Ini bukan penelitian pertama yang menunjukkan bahwa alpukat baik untuk jantung. "Kami tahu alpukat memberikan manfaat yang menyehatkan jantung," ujar Lorena Pacheco, penulis utama studi tersebut dan peneliti pascadoktoral di departemen nutrisi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Boston. 

Alpukat "kaya nutrisi" dengan lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat larut, katanya. Namun, alpukat bukanlah makanan rendah kalori, mereka biasanya memiliki antara 200 dan 300 kalori, tergantung pada ukurannya. 

Ke depan, temuan tersebut memberi para ahli diet lebih banyak alasan untuk menyarankan memasukkan alpukat sebagai bagian dari diet sehat, seperti diet Mediterania atau Pola Diet Gaya AS yang Sehat. Pacheco mengatakan hal ini kepada USA Today. 

Bagi mereka yang ingin mengganti alpukat untuk makanan tinggi lemak jenuh, para peneliti menemukan bahwa hanya setengah porsi sehari (seperempat dari alpukat) dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Dan untuk roti panggang alpukat itu, lewati aditif lemak seperti mayones jika ingin lebih sehat. 

"Saya telah melihat beberapa resep roti panggang alpukat yang dibuat dengan mayones yang tidak sesuai dengan tujuannya. Justru kita harus menggunakan alpukat sebagai pengganti mayones. Saat dihaluskan, alpukat berfungsi sebagai olesan dan dapat diberi topping paprika merah atau arugula atau bahkan daun ketumbar dan air jeruk nipis," papar Pacheco. 

(TIN)

MOST SEARCH