FITNESS & HEALTH

Seharusnya Sudah Menjadi Kebiasaan Kita, Begini Cara Efektif Berkumur

Raka Lestari
Jumat 29 Oktober 2021 / 16:09
Jakarta: Pada masa pandemi seperti sekarang, salah satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah respiratory hygiene atau menjaga saluran pernapasan kita. Hal ini menjadi penting karena saluran pernapasan bisa menjadi salah satu pintuk masuk dari kuman, bakteri, ataupun virus yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi covid-19.

“Kalau respiratory hygine mungkin istilah yang baru ya, Bahasa Indonesianya adalah menjaga kebersihan saluran pernapasan kita,” ujar Praktisi dan Edukator Kesehatan, dr. Mery Sulastri dalam acara Webinar Proteksi Ekstra Hidung, Mulut dan Tenggorok di Masa Normal Baru.

Menurut dr. Mery, menjaga respiratory hygiene sangatlah penting. Saluran pernapasan di antaranya hidung dan mulut, adalah pintu masuk kuman dari SARS-CoV-2 penyebab covid-19.

"Semua yang kita lakukan, mulai dari cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, itu sebenarnya untuk melindungi pintu masuk kita. Supaya tidak ada kuman atau virus yang masuk. Itulah kenapa menjaga area tersebut sangat penting,” jelas dr. Mery.

Untuk itu, dr. Mery menyarankan agar kita harus menjaga kebersihan hidung dan mulut kita. Kamu bisa menggunakan semprot hidung atau cuci hidung. Biasakan cuci hidung dan berkumur atau gargling.

"Sebenarnya kalau di luar negeri, itu sudah menjadi suatu habit. Berkumur itu sudah terbukti efektif untuk membantu selain menjaga kebersihan mulut, juga bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan bagian atas,” tutur dr. Mery.

Bahkan di Jepang, menurut dr. Mery, salah satu aturan untuk mengatasi pandemi adalah dengan berkumur. Mungkin, di Indonesia mayoritas hanya sekadar berkumur saja, tidak sampai ke tenggorokan.

"Caranya, tegakkan kepala 45 derajat, lalu kemudian membuang napas melalui mulut sampai bunyi seperti kobokan air. Kemudian kita buang. Itu yang belum terbiasa. Gargling itu sekitar 15-30 detik sebaiknya. Itu yang mungkin harus kita biasakan mulai dari sekarang,” jelas dr. Mery.

Selain gargling, dr. Mery juga menyarankan untuk rajin cuci hidung, meski tergolong sulit. Sebenarnya ada semprot hidung yang terbukti efektif selama pandemi covid-19 ini yang bisa dipegangan.

"Semprotan hidung yang mengandung Iota Carrageenan karena memang sudah terbukti efektif menetralisir virus SARS-CoV-2,” tutupnya.
(FIR)

MOST SEARCH