FITNESS & HEALTH

5 Cara Meningkatkan Tinggi Badan Secara Alami, Tanpa Obat-obatan

Raka Lestari
Jumat 29 Oktober 2021 / 09:00
Jakarta: Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada tinggi badan secara keseluruhan. Faktor genetik, dianggap dapat menyumbang 60 hingga 80 persen dari tinggi badan seseorang. Faktor lingkungan tertentu, seperti nutrisi dan olahraga, biasanya merupakan sisanya.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan tinggi badan tanpa harus menggunakan obat-obatan:
 

1. Mengonsumsi diet seimbang


Selama masa pertumbuhan, penting untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pola diet harus mengandung buah, sayur, biji-bijian utuh, protein, dan susu. Dan sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula, lemak trans, dan lemak jenuh.

Jika memiliki kondisi medis yang mendasari atau usia yang lebih tua sehingga tinggi badan menurun dengan memengaruhi kepadatan tulang, tingkatkan asupan kalsium. Vitamin D juga meningkatkan kesehatan tulang. Sumber umum vitamin D adalah tuna, susu yang difortifikasi, dan kuning telur.
 

2. Mendapatkan tidur yang cukup


Terkadang kurang tidur tidak akan memengaruhi tinggi badan seseorang dalam jangka panjang. Tetapi jika selama masa remaja kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup secara terus-menerus, maka dapat menyebabkan komplikasi. Produksi hormon juga akan menurun jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup.


cara meninggikan badan
(Aktif bergerak bisa dilakukan dengan jalan kaki. Jalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, mencegah penyakit kardiovaskular, dan memperkuat jantung. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

3. Aktif bergerak 


Olahraga teratur memiliki banyak manfaat. Ini memperkuat otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan hormon pertumbuhan. Anak-anak usia sekolah harus mendapatkan waktu olahraga setidaknya satu jam setiap harinya.

Pada orang dewasa, olahraga juga bisa bermanfaat. Selain membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan, olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. Untuk mengurangi risikonya, cobalah berjalan, bermain tenis, atau berlatih yoga beberapa kali seminggu.
 

4. Melakukan postur tubuh yang baik


Postur tubuh yang buruk dapat membuat seseorang terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya. Dan seiring waktu, membungkuk juga dapat memengaruhi tinggi badan yang sebenarnya.

Perhatikan bagaimana cara berdiri, duduk, dan tidur adalah kuncinya. Tergantung pada kebutuhan, meja berdiri atau bantal busa mungkin cukup untuk memperbaiki postur tubuh.
 

5. Melakukan yoga


Latihan yoga dapat memperkuat otot, menyelaraskan tubuh, dan memperbaiki postur tubuh. Ini akan membantu kamu berdiri lebih tinggi. Kamu dapat berlatih yoga baik itu di rumah sendiri atau di gym, selama kamu merasa nyaman. Jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana, cari rutinitas yoga pemula di YouTube.
(TIN)

MOST SEARCH