FITNESS & HEALTH

Manfaat Konsumsi Telur

Kumara Anggita
Selasa 17 November 2020 / 17:09
Jakarta: Telur walaupun sederhana dan murah ternyata merupakan makanan super. Ini karena telur memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Beberapa manfaat telur antara lain:
 

Sangat bergizi


Telur adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini. Seperti dilansir Healthline, telur utuh mengandung berbagai nutrisi seperti:

- Vitamin A: 6% 

- Folat: 5% 

- Vitamin B5: 7% 

- Vitamin B12: 9% 

-Vitamin B2: 15% 

- Fosfor: 9% 

- Selenium: 22% 

Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium dan seng dalam jumlah yang cukup.

Jadi, telur adalah makanan yang cukup sempurna. Ini mengandung hampir semua nutrisi yang kamu butuhkan.
 

Telur tingkatkan kolestrol HDL (baik)


HDL adalah singkatan dari high-density lipoprotein. Ini sering dikenal sebagai kolesterol "baik.

Orang yang memiliki kadar HDL lebih tinggi biasanya memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Makan telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan HDL. Dalam sebuah penelitian, makan dua telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.
 

Telur mengandung kolin, sebuah nutrisi yang banyak tidak didapatkan orang


Kolin adalah nutrisi yang bahkan tidak diketahui keberadaannya oleh kebanyakan orang, namun itu adalah zat yang sangat penting dan sering dikelompokkan dengan vitamin B.

Kolin digunakan untuk membangun membran sel dan berperan dalam memproduksi molekul pemberi sinyal di otak, bersama dengan berbagai fungsi lainnya. Dan telur utuh merupakan sumber kolin yang sangat baik. Satu telur mengandung lebih dari 100 mg kolin. Jadi manfaatkanlah telur yang ada di rumahmu. Ini praktis namun juga sehat.
(YDH)

MOST SEARCH