FITNESS & HEALTH

Lihat 4 Kondisi Kuku Tangan Kamu, Awas Bisa Jadi Tanda Diabetes

Mia Vale
Senin 31 Oktober 2022 / 08:05
Jakarta: Saat ini di Amerika, 1 dari 10 orang didiagnosis menderita diabetes. Hal ini disampaikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Tetapi mungkin yang lebih mengejutkan adalah bahwa diperkirakan 1 dari 3 orang Amerika menderita pradiabetes. Dan hanya 15 persen dari mereka yang mengetahui bahwa mereka menderita pradiabetes.

Itulah mengapa Mayo Clinic menyarankan untuk membiasakan diri dengan tanda-tanda kondisi ini. Mereka mengatakan bahwa sejumlah gejala mungkin mengisyaratkan ketidakseimbangan gula darah yang serius, termasuk kelelahan, peningkatan rasa haus atau lapar, perubahan kulit, penurunan atau penambahan berat badan, penglihatan kabur, dan banyak lagi.

Namun, di luar tanda-tanda diabetes yang sudah umum ini, ada satu tanda bahaya tambahan yang ingin harus kamu kenali. Ya, tanda diabetes juga bisa dilihat dari ujung jari tangan. Untuk tahu apa tandanya, yuk simak ulasan di bawah yang sudah dilansir dari laman Yahoo!
 

1. Adanya rona merah


"Meskipun sering diabaikan, kuku dapat menawarkan 'jendela' kesehatan," ujar Elizabeth Salada, MD, melalui situs resmi Diabetes. Untuk itu, dirinya rutin memeriksa penampilan kuku pasiennya sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan mereka.

Dr Salada mengatakan bahwa kuku yang sehat biasanya berwarna merah muda, rata dan bahkan berwarna. Setiap perubahan bentuk, ketebalan, atau konsistensi dapat membantu mengidentifikasi masalah. Secara khusus, diperingatkan bahwa sedikit rona merah di bagian bawah kuku terkadang merupakan gejala diabetes.


(Elizabeth Salada, MD mengatakan kerusakan saraf akibat diabetes dapat menyebabkan pertumbuhan kuku terhambat, menurut jurnal Practical Diabetes. Hal ini dapat membuat kuku pada jari-jari tertentu tampak memendek dan rapuh. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

2. Kuku menguning atau lebih rapuh


Menurut Healthline, kuku tangan yang kuning atau rapuh juga bisa menjadi tanda diabetes. Itu karena diabetes membuat rentan terhadap infeksi jamur yang disebut onikomikosis. 

"Pada beberapa orang dengan diabetes, kuku berwarna kekuningan," sumber kesehatan menjelaskan. Sering kali pewarnaan ini berkaitan dengan pemecahan gula dan efeknya pada kolagen di kuku. Bicarakan dengan dokter untuk mengevaluasi perubahan ini, terutama jika mengalami suatu gejala.
 

3. Garis khas di sepanjang kuku


Seiring bertambahnya usia, mungkin secara alami mengembangkan tonjolan vertikal pada kuku jari tangan. Namun, jika  melihat garis horizontal pada kuku, itu bisa jadi akibat diabetes tipe 2. 

Tonjolan khas ini dikenal sebagai garis Beau, dan dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol, menurut Mayo Clinic. Konon, gejala yang sama ini juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi mendasar lainnya, termasuk masalah tiroid. Segera, beri tahu dokter sehingga dapat mendiskusikan kemungkinan penyebabnya.
 

4. Kuku memendek


Sementara kuku pendek mungkin akibat dari gigitan atau patah, para ahli mengatakan mereka juga dapat menunjukkan masalah kesehatan yang lebih dalam. Dalam kasus yang jarang terjadi, kerusakan saraf akibat diabetes dapat menyebabkan pertumbuhan kuku terhambat, menurut jurnal Practical Diabetes. Hal ini dapat membuat kuku pada jari-jari tertentu tampak memendek dan rapuh.
(TIN)

MOST SEARCH