FITNESS & HEALTH

5 Jenis Minyak Essensial untuk Meredakan Pilek dan Hidung Tersumbat

Raka Lestari
Jumat 15 April 2022 / 07:15
Jakarta: Pilek dan hidung tersumbat merupakan penyakit yang sering datang ketika terjadi perubahan musim. Dan ketika kamu mengalaminya, tentu ini menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan.

Jika kamu mengalami pilek atau hidung tersumbat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan essential oils atau minyak esensial.

“Minyak esensial dapat membantu membersihkan saluran hidung dan mengurangi sakit kepala. Beberapa minyak bahkan mungkin memiliki manfaat antivirus. Minyak lain dapat meningkatkan kualitas tidur untuk meningkatkan penyembuhan atau membantu mengurangi kelelahan dan stres,” jelas Elizabeth Ko, MD, direktur medis UCLA Health Integrative Medicine Collaborative.

Lalu, essential oils apa saja yang bisa membantu? Berikut ini adalah pilihannya:
 

1. Chamomile essential oil


Sebuah studi pada 2010 menunjukkan bahwa menghirup uap dari minyak esensial chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan apakah itu berhasil, tetapi sementara itu patut dicoba. Paling tidak, itu mungkin akan memiliki efek relaksasi yang sama seperti secangkir teh chamomile yang menenangkan.
 

2. Tea tree essential oil


Penggunaan tea tree oil biasanya identik untuk kulit ataupun rambut, tetapi penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial ini juga bisa memiliki sifat antivirus. Sebuah studi pada 2013 menunjukkan, tea tree oil memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat terhadap kuman. Kamu bisa mengaplikasikannya langsung pada kulit atau menghirupnya.
 

3. Peppermint essential oil


Menghirup minyak peppermint melalui diffuser dapat membantu menenangkan tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat dengan cara yang sama, karena juga mengandung mentol.

Sebuah penelitian kecil pada 2013 menemukan bahwa peppermint dapat membantu otot bronkial saat berolahraga, yang juga dapat meredakan pernapasan jika mengalami batuk yang mengganggu.
 

4. Lavender essential oil


Gejala pilek lainnya yang mungkin dialami adalah kelelahan dan sulit tidur. Kemungkinan ini disebabkan oleh batuk dan hidung tersumbat yang membuat sulit terlelap.

Minyak lavender dapat membantu meningkatkan relaksasi dan tidur yang lebih baik, serta mungkin mengurangi hidung yang tersumbat jika dihirup. Selain menghirupnya, kamu juga bisa meletakkan beberapa tetes di bantal sebelum tidur.
 

5. Rosemary essential oil


Rosemary biasanya digunakan ketika memasak atau menambah rasa pada makanan. Ternyata manfaat Rosemary bukan hanya itu saja. Sebuah studi pada 2013 menunjukkan bahwa ketika menghirup minyak rosemary, dapat membantu dalam meningkatkan laju pernapasan, mengatasi hidung tersumbat, dan meningkatkan kekebalan.
(FIR)

MOST SEARCH