FITNESS & HEALTH

Jus Cranberi, Minuman Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Raka Lestari
Sabtu 01 Januari 2022 / 17:05
Jakarta: Kolesterol adalah salah satu hal yang dibutuhkan tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Misalnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk proses pembentukan sel.

Tetapi jika terlalu banyak, itu dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya. Kolesterol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke secara signifikan.

Untungnya, ada perubahan gaya hidup yang dapat kamu lakukan untuk membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi, seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol, dan mulai mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat.

“Minuman dengan antioksidan tinggi adalah hal yang penting yang harus dilakukan jika kamu ingin mencoba menyeimbangkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah jus cranberi tanpa gula yang merupakan salah satu minuman terbaik bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi,” kata Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness.
 

Jus cranberi dapat menurunkan kolesterol 'jahat'


Ketika berbicara tentang minum jus cranberi, kunci dari sifat penurun kolesterolnya adalah nutrisi alami yang ditemukan dalam cranberi. Cranberi mengandung antioksidan kuat, yang telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol 'jahat' (low-density lipoprotein).

"Selain itu meningkatkan kolesterol 'baik' (high-density lipoprotein). Proses ini membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol yang alami dan sehat," kata D'Angelo.

Tetapi jika kamu ingin mengonsumsi atau menambahkan lebih banyak jus cranberi pada diet yang kamu lakukan, berhati-hatilah untuk membaca kandungan gizi pada label jika membeli jus cranberi dalam kemasan.

"Sangat penting untuk dicatat memerhatikan label dari kemasan, karena kamu sebaiknya tidak memilih jus yang tidak memiliki gula tambahan, yang mungkin kita sudah terbiasa. Jus cranberi tanpa tambahan gula mungkin pahit, tetapi gula dapat menurunkan kadar kolesterol "baik" atau HDL, yang menyebabkan kolesterol tinggi," tutup D'Angelo.
(FIR)

MOST SEARCH