FITNESS & HEALTH

Selain Enak Ternyata Ini Manfaat Makan Sushi untuk Kesehatan

Yuni Yuli Yanti
Kamis 28 April 2022 / 11:10
Jakarta: Sushi adalah makanan yang sering dianggap sebagai makanan yang sehat. Alasannya, karena kudapan asal Jepang ini menggunakan berbagai bahan yang segar dan bernutrisi tinggi.

Menurut Ella Davar, RD, CDN, ahli gizi integratif dan ahli diet terdaftar dan konselor kesehatan bersertifikat yang berbasis di Manhattan, sushi yang sehat dan direkomendasikan untuk dimakan adalah sushi nigiri dan sashimi.  

"Penelitian menunjukkan bahwa wasabi, perasa unik yang digunakan untuk membumbui dan mendisinfeksi ikan mentah dalam sushi, memiliki manfaat kesehatan yang signifikan dan membantu memperkuat sistem kekebalan. Wasabi kaya akan beta-karoten, glukosinolat, dan berbagai isothiocyanate, yang memiliki sifat antibakteri dan membantu mengurangi unsur mikroba atau patogen laten,” tutur Davar dikutip dari Health. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Selain itu, nori yang paling umum digunakan untuk membuat sushi juga dinilai sangat bergizi. Ini memiliki vitamin 10 kali lebih banyak daripada bayam, dan mengandung 30 hingga 50 persen protein dan hanya 0,1 persen gula.

"Rumput laut bermanfaat lainnya termasuk kelp, wakame, kombu dan bladderwrack, diikuti oleh rumput laut merah yang termasuk nori, dulse dan Irish moss, dan terakhir rumput laut hijau. Ini tinggi yodium dan membantu mendukung proses detoksifikasi alami di hati,” tutup Davar. 
(yyy)

MOST SEARCH