FITNESS & HEALTH

Kulitmu Sensitif, Ini Tips Memilih Hand Sanitizer

Raka Lestari
Selasa 22 Juni 2021 / 15:11
Jakarta: Salah satu efek dari penggunaan hand sanitizer adalah menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Hal ini akan lebih parah bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau memiliki gangguan kulit lainnya seperti eksim.

Untuk itu, memilih hand sanitizer yang tepat harus diperhatikan. Tentunya agar kamu terhindar dari kulit yang kering setelah pemakaian hand sanitizer.

“CDC merekomendasikan penggunaan hand sanitizer harus mengandung 60 persen alkohol atau lebih untuk melawan berbagai kuman dan penyakit yang mungkin kita sentuh di ruang publik,” kata Paula Bourelly, MD, seorang dokter kulit di Olney Dermatology.

Itulah mengapa penggunaan hand sanitizer bisa menyebabkan kulit menjadi kering atau menimbulkan eksim. Bahkan pada seseorang yang tadinya tidak memiliki eksim sama sekali.

Naana Boakye, MD, pemilik Bergen Dermatology mencatat bahwa ketika pH sabun tinggi (lebih basa), itu menyebabkan kulit menjadi kering. Jika kamu menggunakan hand sanitizer lagi setelah mencuci tangan dengan sabun dan air, itu dapat membuat kulit lebih kering dan iritasi yang berlebihan yang dapat menyebabkan dermatitis tangan.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Pertama, Dr Bourelly menyarankan, ketika diberi pilihan antara mencuci tangan biasa atau hand sanitizer pilihlah air dan sabun.

“Sabun yang digunakan tidak harus antibakteri, tetapi jika kamu ingin menggunakannya bisa memilih sabun yang memiliki kandungan pelembap lebih tinggi," ujar Dr. Bourelly.

Selain itu, jika kamu terpaksa harus menggunakan hand sanitizer maka persiapkan pelembap. Pelembap tangan bisa menjadi pilihan. Dan yang tekstur krim lebih baik dibandingkan yang bertekstur lotion. Kamu juga bisa menggunakannya setiap mau tidur.

Dr Boakye juga mengatakan bahwa kunci untuk menemukan hand sanitizer yang tepat bagi kulit yang rentan eksim dan sensitif adalah dengan mencari hand sanitizer dengan jumlah etil alkohol yang tepat, yaitu 75 persen.

“Dan jangan lupa juga yang memiliki sifat pelembap seperti minyak esensial,” tutup Dr Boakye.
(FIR)

MOST SEARCH