FITNESS & HEALTH

Jeruk atau Lemon yang Lebih Banyak Mengandung Vitamin C? Ini Jawaban Ahli

Yuni Yuli Yanti
Kamis 14 April 2022 / 07:00
Jakarta: Jeruk dan lemon keduanya banyak tersedia dalam varietas jeruk keprok di negara-negara Asia. Bukan hanya untuk minuman, tetapi karena aromanya yang sangat nikmat kedua buah ini juga seringkali ditambahkan ke dalam makanan panggang dan salad untuk rasa yang menyegarkan. Kedua suguhan tajam berwarna cerah ini juga kaya akan vitamin C

Namun, tahukah kamu di antara jeruk dan lemon, manakah yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak?

Seorang konsultan ahli gizi dan ahli diet, Asma Alam, mengatakan "Lemon dan jeruk sama-sama buah jeruk yang termasuk dalam famili Rutaceae. Mereka kurang lebih memiliki kualitas nutrisi yang sama. Vitamin C adalah salah satu unsur terpenting dari kedua buah tersebut,” kata Alam.


(Kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih banyak dibandingkan pada kulit lemon. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Berikut adalah beberapa perbedaan utama dalam kandungan nutrisi antara jeruk dan lemon yang dikutip dari HealthShots!

- Jeruk memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dan mengandung lebih banyak kalori serta karbohidrat, dibandingkan dengan lemon. Mereka lebih tinggi serat, protein, dan lemak.

- Sesuai dengan ukurannya, lemon yang berukuran lebih kecil memiliki berat sekitar 58 gram, sedangkan jeruk berukuran sedang memiliki berat sekitar 131 gram.

- Orang sering memilih jeruk untuk diet rendah lemak. Meskipun, lemon memiliki rasa asam yang lebih kuat dibandingkan dengan. Perbedaan rasa ini ditentukan berdasarkan keasaman buahnya.

- Keasaman lemon adalah antara 5 hingga 7 persen, sedangkan jeruk adalah 1 persen, maka lemon bersifat asam dibandingkan dengan jeruk.

- Buah jeruk dikemas dengan banyak vitamin penting seperti Vitamin A, E, dan berbagai vitamin B seperti B1, B2, B3 dan B5. Sebaliknya, lemon hanya mengandung vitamin B6 selain Vitamin C.

Meski demikian, kedua buah ini juga memiliki jumlah vitamin yang hampir sama. Namun, kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih banyak dibandingkan pada kulit lemon. Sebaliknya, kandungan vitamin C lemon justru lebih tinggi daripada jeruk.
(yyy)

MOST SEARCH