FAMILY

Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak agar Suka Membaca

Kumara Anggita
Selasa 27 Juli 2021 / 09:59
Jakarta: Membaca adalah kegiatan yang perlu kamu ajarkan ke anak sedini mungkin. Selain itu,  membaca memberikan banyak manfaat untuk perkembangannya.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja menjelaskan bahwa membaca bersama dengan anak bisa membangun ikatan (bonding), melatih keterampilan membaca, dan menurunkan stres. Kamu perlu membuat anak melihat membaca sebagai sesuatu yang menyenangkan.

“Jadi bagaimana anak supaya suka membaca? Jadi membaca sebagai kegiatan stress release buat dia, itu dimulai dari sekarang,” jelas Vera dalam Media Gathering Mama’s Choice.

Bahkan Vera menyarankan agar kesukaan dalam membaca ini dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Kebiasaan seorang ibu bisa diturunkan kepada anak ketika dia mulai bertumbuh.

“Membaca bisa dimulai dari hamil. Misalnya ibu sudah memiliki kebiasaan untuk membaca buku.
Tujuannya untuk membangun kebiasaan dulu. Jadi saya memiliki kebiasaan baik yang bisa diturunkan oleh anak. Itu boleh dilakukan. Ketika anaknya lahir tinggal diteruskan,” jelas Vera.

Membaca bersama anak bisa membuat ibu dan anak memiliki kegiatan bersama yang rutin dan mendapat sentuhan fisik. Kedua hal ini dibutuhkan untuk membangun ikatan atau bonding.
(FIR)

MOST SEARCH