FAMILY

Kenali dan Atasi Tongue tie atau Lindah Pendek pada Bayi

Kumara Anggita
Senin 04 Januari 2021 / 07:00
Jakarta: Tongue tie and lip tie atau umumnya di Indonesia disebut dengan lidah pendek adalah salah satu alasan mengapa para ibu suka merasa nyeri saat menyusui. 

Dr. Arum Dyah K. Breastfeeding & IYCF Counselor menjelaskan bahwa tidak semua jenis tongue tie atau lip tie dapat mengganggu proses menyusui tapi beberapa ciri khas yang bisa diamati adalah sebagai berikut: 

1. Bayi menyusu sebentar atau tampak kesusahan untuk melekat ke payudara ibu meskipun sudah belajar posisi pelekatan

2. Bayi menyusu terlampau lama dan terkesan sama sekali tidak mau lepas dari menyusui

3. Berat badan bayi tidak naik dengan seharusnya meskipun sudah diperbaiki posisi pelekatannya
 

Cara mengatasi lip tie pada bayi


“Biasanya yang paling bisa dilihat jika lidahnya anak sama sekali tidak bisa menjulur keluar mulut dan atau saat menangis dan mencoba menjulur tampak seperti bentuk hati. Ini terjadi karena ada tarikan tali lidahnya,” papar dr. Diah. 

Selang nasogastrik atau nasogastric tube (NGT) adalah salah satu cara untuk memberikan makanan atau obat kepada orang yang sakit. Menurut dr. Arum penggunaan NGT harus atas saran dokter.

“Tapi lip tie jika berhubungan dengan langit atau bibir sumbing maka bisa menggunakan NGT atau media asi perah khusus,” katanya. 

Cara lain menurut dr. Arum adalah dengan frenotomi atau tali lidahnya digunting. Ia mengungkapkan, ini merupakan tindakan sederhana namun bisa banyak memberikan perbaikan kondisi. 

“Untuk frenotomi ataupun frenoktomi dilakukan oleh dokter konselor menyusui yang terlatih atau di bedah umum atau di bedah anak ya,” tegasnya. 
(TIN)

MOST SEARCH