BEAUTY

Mengenal Maskne, Jerawat yang Muncul Akibat Penggunaan Masker

Kumara Anggita
Kamis 08 Oktober 2020 / 11:36
Jakarta: Masker adalah alat yang mampu mengurangi faktor risiko penularan Covid-19. Namun, di sisi lain ini juga memberikan masalah baru yang disebut dengan maskne.

Dikutip dari Everyday Health, maskne adalah jerawat yang disebabkan oleh pemakaian masker. Ini terjadi karena kulit kamu iritasi. Jerawat ini muncul karena beberapa alasan seperti gesekan dan perkembangan bakteri di sekitar wajah.

“Masker dapat menyebabkan munculnya jerawat karena dua alasan utama. Gesekan langsung meningkatkan peradangan, yang mendorong munculnya jerawat. Masker juga mendorong munculnya jerawat secara tidak langsung dengan menjebak kelembapan dan memungkinkan pertumbuhan berlebih mikroorganisme pada kulit, ”jelas Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di departemen dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City.

Dr. Zeichner menunjukkan bahwa ini disebut dengan “mekanisme jerawat". Ini masalah umum diantara para atlet. 


(Hindari menggunakan terlalu banyak make up saat memakai masker. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), tubuh aktif adalah tubuh yang panas, berkeringat. Peningkatan panas serta kelembapan yang dikombinasikan dengan pergesekan peralatan menciptakan lingkungan untuk berkembangnya jerawat.

Jadi, untuk menghindari masalah ini pastikan kamu menciptakan suasana kulit yang nyaman namun tetap aman sesering mungkin. Ini bisa dilakukan dengan mengganti masker secara rutin dan mencuci masker tersebut sampai bersih serta hindari menggunakan terlalu banyak make up saat pakai masker. 
(yyy)

MOST SEARCH