UMKM. Foto : MI/Palce Amalo.
UMKM. Foto : MI/Palce Amalo.

3 Usulan Asosiasi untuk Bangkitkan UMKM

Ekonomi UMKM koperasi pandemi covid-19 Resesi Ancam Indonesia
Antara • 24 September 2020 15:13
Jakarta: Resesi menjadi ancaman yang seakan sulit terelakkan manakala pandemi covid-19 belum menemui titik akhirnya. Tak cuma usaha besar mereka yang berada di skala usaha paling mikro sekalipun harus menelan dampak yang diakibatkan oleh meluasnya penyebaran virus korona.
 
Turunnya daya beli yang begitu signifikan hingga sulitnya pasokan menjadi ancaman nyata bagi pelaku UMKM, menghantam baik dari sisi pasokan maupun permintaan. Jurang resesi pun seakan sudah berada di depan mata terlebih ketika sejumlah terobosan di bidang kesehatan belum juga menemukan titik terang akan sebuah vaksin yang menjanjikan.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi nasional akan mengalami minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen. Itu berarti Indonesia dipastikan mengalami resesi pada kuartal III-2020. Di sisi lain asosiasi gerakan koperasi masih bertahan pada harapan dan menilai ada strategi yang dapat dilakukan pemerintah agar Indonesia terhindar dari resesi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua DPP Asosiasi Koperasi Simpan Pinjam Indonesia (Askopindo) Frans Meroga Panggabean mengatakan pemerintah harus menunjukkan komitmen yang konkrit bahwa yang terpenting untuk memulihkan ekonomi adalah dengan membangun ekonomi kerakyatan. Dalam hal ini sektor riil, yaitu pelaku UMKM, pekerja informal dan koperasi.
 
"Fakta menunjukkan bahwa 60 persen komponen Produk Domestik Bruto (PDB) adalah konsumsi masyarakat, berarti tetap terjaganya daya beli masyarakat adalah prioritas utama," kata dia dikutip dari Antara, Kamis, 24 September 2020.

 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif