Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Pola Belanja Masyarakat Bergeser

Ekonomi Virus Korona transaksi non tunai Analisis Ekonomi Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional
Angga Bratadharma • 09 September 2020 13:32

Salah satu cara yang dilakukan Alfamart untuk mendorong masyarakat bertransaksi secara nontunai yakni dengan ikut serta dalam kampanye ShopeePay. Kampanye tersebut dilakukan untuk mendorong transaksi nontunai di gerai-gerai Alfamart guna meminimalisir penyebaran virus covid-19 sesuai anjuran pemerintah dan Bank Indonesia.
 
"Kami melihat perubahan perilaku yang signifikan dari masyarakat yang lebih memilih metode pembayaran nontunai," kata Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman.
 
Sementara itu, Bank Indonesia mencatat nilai transaksi uang elektronik tumbuh signifikan pada Juni 2020. Transaksi digital tersebut tumbuh dari 17,31 persen pada Mei 2020 menjadi 25,94 persen (yoy). Sedangkan pertumbuhan Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Juli 2020 tumbuh 6,17 persen(yoy) dari 2,34 persen (yoy) pada Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya total UYD mencapai Rp762,8 triliun. "Secara keseluruhan, kelancaran sistem pembayaran baik tunai maupun nontunai tetap terjaga. Hal ini seiring dengan mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat di masa pandemi," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.
 
Sedangka pertumbuhan nilai transaksi nontunai menggunakan ATM, kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik masih tercatat kontraksi sebesar 12,80 persen (yoy). Angka ini relatif lebih baik ketimbang periode Mei 2020 yang terkontraksi sebanyak 24,46 persen (yoy).
 
Adapun dukungan kebijakan sistem pembayaran akan diarahkan untuk mendorong efisiensi industri dan mempercepat berbagai deliverables implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.
 
Dalam rangka meningkatkan daya saing industri termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada transaksi daring, Bank Indonesia mendorong penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dengan metode transaksi tanpa tatap muka sebagai kanal pembayaran dalam e-commerce.
 
"Bank Indonesia juga akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mendukung elektronifikasi penyaluran program bantuan sosial (bansos) pemerintah pusat dan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah (pemda), serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)," tegas Perry.
 
Tumbuh Pesat
 
Transaksi nontunai di kalangan masyarakat tumbuh pesat selama masa pandemi covid-19. Kondisi itu sejalan dengan penggunaan dompet digital memiliki banyak keunggulan selain mengurangi risiko penularan wabah.
 
Dalam hal ini, MarkPlus Inc mencatat deretan dompet digital terbaik berdasarkan survei terhadap 502 responden di kota-kota besar dengan penetrasi penggunaan smartphone tertinggi di Indonesia. Berikut lima dompet digital dengan transaksi terbesar dan paling diminati:
 
1. ShopeePay
Urutan pertama ditempati ShopeePay dengan jumlah responden mencapai 30 persen. Total nominal transaksi terbesar per bulan sekitar Rp149 ribu dengan pangsa pasar sebesar 26 persen dari total volume transaksi e-wallet di Indonesia.
 
Sebanyak 53 persen responden memilih ShopeePay sebagai merek dompet digital yang dianggap paling memudahkan pengalaman belanja online. Kemudian 38 persen responden mengaku telah memanfaatkan tawaran promosi.

 
Halaman Selanjutnya
2. OVO Dompet digital yang…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif