Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Viral Video Balita Selamat dari Erupsi Gunung Semeru Ternyata Hoaks, Begini Faktanya

Medcom Files balita jatuh Erupsi Gunung Cek Fakta Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
Wanda Indana • 23 Desember 2021 12:23
Viral sebuah video yang memperlihatkan seoarang balita dengan kondisi berlumur lumpur sekujur badan. Diklaim, balita itu selamat dari bencara erupsi Gunung Semeru pada4 Desember 2021.
 
Akun Facebook Panglima Kumbang turut membagikan video itu pada Senin, 20 Desember 2021. Pada unggahannya, akun ini menambahkan narasi sebagai berikut:
 

"D KIRO TUYUL ternyata balita yg tertimbun lumpur semeru berhari2 . Memang ALLAH maha segalanya , mudah2an anak ini menjadi anak yg tangguh cerdas dn sukses AMIN."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah balita dalam video yang beredar adalah korban yang selamat dari bencara erupsi Gunung Semeru? Simak cek faktanya.
[Cek Fakta] Viral Video Balita Selamat dari Erupsi Gunung Semeru Ternyata Hoaks, Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan balita berlumur lumpur yang selamat dari bencara erupsi Gunung Semeru adalah salah. Faktanya, foto balita tersebut tidak ada kitannyanya dengan erupsi Gunung Semeru.
 
Melalui reverse image, foto identik diunggah Merdeka.com di muat pada 19 Oktober 2018. Pada artikel itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB saat itu, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan video tersebut diambil relawan tidak lama setelah bencana likuifaksi Palu, Sulawesi Tengah.

"Video tersebut diambil relawan yang menyelamatkan ibu dan bayinya yang terseret likuifaksi di Jono Oge di Desa Langaleso pada 28 September 2018 malam setelah kejadian," tegasnya.


 
Baca Juga: [Cek Fakta] Garuda Indonesia Dijual ke Tiongkok? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan balita berlumur lumpur yang selamat dari bencara erupsi Gunung Semeru adalah salah. Faktanya, foto balita tersebut tidak ada kitannyanya dengan erupsi Gunung Semeru.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

 
[Cek Fakta] Viral Video Balita Selamat dari Erupsi Gunung Semeru Ternyata Hoaks, Begini Faktanya
 

Referensi:

-https://www.merdeka.com/cek-fakta/fakta-viral-video-perempuan-bayi-selamat-usai-tertimbun-lumpur-di-palu.html
-https://news.detik.com/berita/d-4263391/viral-ibu-dan-bayi-selamat-usai-terkubur-di-palu-ini-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif