Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Foto Pangdam Jaya Dudung Dapat Penghargaan dari Komunis Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 24 November 2020 14:16
Beredar sebuah foto memperlihatkan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman sedang memegang sebuah cendera mata bersama seseorang lainnya. Foto itu beredar di media sosial, termasuk grup WhatsApp, baru-baru ini.
 
Pada pesan WhatsApp, foto itu dinarasikan bahwa Mayjen Dudung menerima penghargaan dari komunis Tiongkok. Berikut narasi selengkapnya:


"Poto nyomot di fb..???? noh si dudung lansung dpt penghargaan dr china PKI.kl atasannya aj begini ap lg bawahanya,semuanya tergantung kepalanya ekornya ikut aj????," bunyi narasi yang beredar melalui WhatsApp.


 
[Cek Fakta] Foto Pangdam Jaya Dudung Dapat Penghargaan dari Komunis Tiongkok? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman mendapatkan penghargaan dari komunis Tiongkok, adalah salah. Faktanya foto itu terkait kunjungan Dudung ke sebuah perusahaan di Jakarta Barat. Foto itu diabadikan pada Jumat 28 Agustus 2020. Kala itu, Dudung bersama rombongan berkunjung ke PT Kawan Lama Sejahtera di kawasan Kembangan, Jakarta Barat.

"Pangdam Jaya bersama rombongan saat tiba disambut langsung dengan hangat oleh Bapak Kuncoro Wibowo selaku Pemilik dan para pimpinan Direksi beserta staf PT. Kawan Lama Sejahtera," tulis Indonesiaexpres.co.id dalam laporannya pada Jumat 28 Agustus 2020.


Dalam pertemuan itu, Kuncoro mendonasikan 500 unit alat pengukur suhu tubuh kepada Kodam Jaya. Dudung selaku Pangdam Jaya mengucapkan terima kasih kepada Kawan Lama yang dipimpin Kuncoro atas kontribusi dan kerjasama selama ini.

"Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Pangdam Jaya kepada Bapak Kuncoro Wibowo selaku pemilik PT Kawan Lama Sejahtera," tulis Indonesiaexpres.co.id dalam laporannya.


 
[Cek Fakta] Foto Pangdam Jaya Dudung Dapat Penghargaan dari Komunis Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman mendapatkan penghargaan dari komunis Tiongkok, adalah salah. Faktanya, foto itu terkait kunjungan Dudung ke sebuah perusahaan di Jakarta Barat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Foto Pangdam Jaya Dudung Dapat Penghargaan dari Komunis Tiongkok? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://indonesiaexpres.co.id/2020/08/29/pangdam-jaya-bersama-rombongan-berkunjung-ke-pt-kawan-lama-sejahtera/
https://tangerangonline.id/2020/08/29/pangdam-jaya-kunjungi-pt-kawan-lama-sejahtera-terima-500-alat-pengukur-suhu-tubuh/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif