Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ustaz Yusuf Mansur Lelang Motor Antiknya Seharga Rp1 Miliar? Begini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Ustaz Yusuf Mansur
Wanda Indana • 10 Mei 2022 13:13
Beredar kabar yang menyebutkan Ustaz Yusuf Mansur melelang sepeda motornya seharga Rp1 miliar rupiah. Kabar ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Masa muda membagikan kabar itu dengan mengunggah sebuah gambar tangkapan layar artikel berjudul "Yusuf Mansur melelang motor antiknya seharga 1 milyar, Ini tanggapan Netizen" pada 5 Mei 2022.

"Ini Motornya https://cutt.ly/HGL2Hqt" tulis akunMasa muda.


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Ustaz Yusuf Mansur Lelang Motor Antiknya Seharga Rp1 Miliar? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada gambar tangkapan layar yang beredar bahwaUstaz Yusuf Mansur melelang sepeda motornya seharga Rp1 miliar adalah salah. Faktanya, judul pada artikel yang beredar telah diedit. Artikel aslinya berasal dari situs viva.co.id dimuat 29 April 2022, dengan judul sebenarnya “Diminta Netizen Berhenti Ceramah, Ini Jawaban Yusuf Mansur”. Artikel tersebut menyebutkan belum lama ini Ustaz Yusuf Mansur tengah jadi sorotan para pengguna media sosial sebuah video dirinya yang diduga marah-marah beredar di dunia maya.
 
Diduga Yusuf emosi terkait kelangsungan bisnis Paytren yang dibangunnya. Dalam video itu, Yusuf Mansur berbicara soal Paytrend dan kebutuhan dana Rp1 triliun. Namun ia sudah mengklarifikasi mengenai video tersebut. Tidak hanya itu saja, kasus dirinya yang sempat digugat terkait dengan patungan usahanya, termasuk mengenai sedekah.
 
Artikel juga membahas tanggapan Yusuf kepada salah seorang pengguna media sosial yang memintanya untuk berhenti berdakwah. Hal ini diungkapkan secara langsung di kolom komentar unggahan instagram milik Ustaz Yusuf Mansur.
 
Yusuf Mansur pun menanggapi pernyataan itu dengan santai. Dia mengaku siap belajar dari ulama yang disebutkan di atas.
 
"Insya Allah saya akan belajar dari beliau2 dan darimana2. Bismillah. Mhn doanya,” tulis Yusuf Mansur.
 

[Cek Fakta] Ustaz Yusuf Mansur Lelang Motor Antiknya Seharga Rp1 Miliar? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada gambar tangkapan layar yang beredar bahwaUstaz Yusuf Mansur melelang sepeda motornya seharga Rp1 miliar adalah salah. Faktanya, judul pada artikel yang beredar telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Ustaz Yusuf Mansur Lelang Motor Antiknya Seharga Rp1 Miliar? Begini Faktanya
 
Referensi:
-https://m.medcom.id/hiburan/selebritas/GbmarMyb-diminta-berhenti-jadi-penceramah-begini-reaksi-ustaz-yusuf-mansur
-https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1471519-diminta-netizen-berhenti-ceramah-ini-jawaban-yusuf-mansur
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif