Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Syarat Buat KTP Harus Memiliki Kartu Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 19 Juli 2021 16:20
Beredar narasi di media sosial yang menyebutkan syarat membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik harus memiliki kartu vaksinasi Covid-19. Narasi ini ramai beredar di berbagai platform media sosial.
 
Akun Facebook Bima Aryana turut membagikan narasi itu pada Sabtu, 17 Juli 2021. Berikut narasi yang beredar:
 

"Tadi Saya Ke Puskesmas Mau VAKSIN Dan Persyaratan Harus Punya KTP…Karna Tak Punya KTP Terpaksa Saya Ke Kantor Lurah Mau Buat KTP, & Persyaratan Harus Punya Surat VAKSIN Seketika Saya jadi GILA"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Syarat Buat KTP Harus Memiliki Kartu Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa syarat membuat KTP harus memiliki kartu vaksinasi Covid-19 adalah salah. Faktanya, kabar ini telah dibantah Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah mengatakan, hingga saat ini, tidak ada persyaratan tambahan dalam pembuatan KTP elektronik di pelayanan Dukcapil. Informasi yang beredar tersebut dipastikan hoaks.
 
"Yang minta syarat tersebut siapa? Kami tidak mensyaratkan itu (kartu vaksin) dulu," ujar Zudan saat dikonfirmasi seperti dilansir Kompas.com, Jumat, 16 Juli 2021.
 
Zudan menjelaskan, hal itu tidak menjadi syarat karena belum semua mendapatkan vaksin Covid-19. Mengenai alur pembuatan KTP elektronik pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, dia memastikan masih tetap sama seperti sebelumnya.
 
"Alurnya sama, namun sebaiknya ikut pendaftarannya secara online," kata dia. Syarat yang diperlukan pun cuma satu, yakni kartu keluarga (KK). Berikut alur pembuatan KTP elektronik di Dukcapil: Membawa KK ke Dukcapil Mengisi formulir Perekaman foto KTP elektronik jadi.
 

[Cek Fakta] Syarat Buat KTP Harus Memiliki Kartu Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa syarat membuat KTP harus memiliki kartu vaksinasi Covid-19 adalah salah. Faktanya, kabar ini telah dibantah Ditjen Dukcapil Kemendagri.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Syarat Buat KTP Harus Memiliki Kartu Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Referensi:

1. https://www.kompas.com/tren/berita/163000065--hoaks-syarat-buat-ktp-harus-punya-kartu-vaksin-covid-19?page=all
2.https://www.facebook.com/photo?fbid=2226990287431591&set=a.282113578585948
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif