Tangkapan layar berita palsu
Tangkapan layar berita palsu

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jembatan di Kota Wuhan Tiongkok Runtuh? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 16 Juni 2020 15:15
Beredar sebuah video viral di facebook yang manarasikan salah satu jembatan di Kota Wuhan Tiongkok runtuh. Video tersebut viraal di media sosial.
 
Akun Facebook atas nama Lasmirah mengunggah video ini pada 12 Juni 2020. Dalam unggahannya, ia turut memberikan narasi.
 
"Ngeri...Detik..detik Jembatan Wuchan..Wuhan Runtuh tadi pagi.
Di Negerinya Sendiri aja runtuh, apalagi di negeri orang nantinya ?
Kwalitasnya Bagaimana ?"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Video ini turut diunggah oleh akun Facebook atas nama Yus Ran. Ia turut memberikan narasi. "Infrastrucktur boleh ngutang riba klo runtuh kayak gitu dapet garanty gak yah"
 
[Cek Fakta] Jembatan di Kota Wuhan Tiongkok Runtuh? Ini Faktanya

 

 
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa salah satu jembatan di Kota Wuhan Tiongkok runtuh adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah insiden jatuhnya salah satu crane proyek pembangunan di Kota Wuhan.
 
Video serupa dimuat di lamanDailymail.co.uk, dalam penjelasannya, crane itu tengah mengangkat konstruksi baja dan tiba-tiba jatuh di tengah jalanan yang sibuk di Kota Wuhan pada 9 Juni kemarin. Dalam video amatir, menangkap momen saat jatuhnya crane tersebut.
 
Dua orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit. Crane yang ambruk pun menabrak dua mobil yang diparkir di jalan. Seorang penumpang wanita dapat dilihat dalam video yang terjebak di dalam kendaraan yang hancur yang terkena beban yang besar.
 

[Cek Fakta] Jembatan di Kota Wuhan Tiongkok Runtuh? Ini Faktanya
 
Insiden itu terjadi pada pukul 9:30 pagi waktu setempat pada hari Selasa, 9 Juni 2020 di lokasi pembangunan Wuhan Yangtze Center. Sebuah proyek kompleks komersial yang dimulai lebih dari dua bulan lalu.
 
Dua warga yang terluka dikatakan dalam kondisi stabil dan dirawat di rumah sakit, menurut otoritas konstruksi setempat.
 
Para pejabat mengatakan bahwa kecelakaan itu terjadi ketika crawler crane sedang mengangkat sangkar baja, jenis konstruksi yang biasa digunakan untuk bangunan tinggi. Penyebab insiden itu masih belum jelas.
 
[Cek Fakta] Jembatan di Kota Wuhan Tiongkok Runtuh? Ini Faktanya
 

 
Kesimpulan:
Klaim bahwa jembatan di Kota Wuhan runtuh adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah insiden jatuhnya crane proyek pembangunan di Kota Wuhan Tiongkok.
 
Informasi itu masuk dalam kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
Referensi:
1.https://www.dailymail.co.uk/news/article-8401947/Horrifying-moment-tower-crane-topples-crashes-busy-road-Wuhan.html
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.id


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif