Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Ketua IDI Resmi Dipecat? Cek Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Terawan Dipecat IDI
Wanda Indana • 22 April 2022 12:39
Beredar sebuah video yang judulnya menarasikan bahwa Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dicopot. Video itu beredar di YouTube.
 
Kanal YouTube POJOK DUNIA membagikan video itu pada 7 April 2022. Pada thumbnail terdapat narasi "LANGSUNG DARI ISTANA KETUA IDI RESMI DIPECAT".
 
Narasi pada judul video:

"Berita Terkini ~ ISTANA Ambil Sikap Tegas ~ Ketua IDI Resmi Di Copot"


Benarkah? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Benarkah Ketua IDI Resmi Dipecat? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredarbahwa Ketua IDI telah resmi dicopot oleh Istana adalah salah. Faktanya, tidak ada hubungan antara judul dengan isi video.
 
Setelah disimak, video yang berdurasi 8 menit 7 detik tersebut membahas soal dokter mantan Menkes Terawan Agus Putranto yang dikeluarkan dari keanggotaan IDI. Dalam video itu disebutkan keputusan tersebut dinilai tidak tepat, karena karena pemecatan dokter Terawan dianggap sebagai konflik personal antara Ketua IDI dan dokter Terawan.
 
Adapaun narasi dalam video berasal dariartikel dari situs seword.com, berjudul “Inisiatif Buka Pintu Damai dengan Terawan? Bukti Kuat Bahwa IDI yang BERMASALAH!.”.Artikel tersebut adalah artikel opini yang mengkritik mengenai keputusan IDI untuk memecat Terawan dari keanggotaannya, namun IDI juga membuka ruang rekonsiliasi dengan Terawan.
 
Dalam video itu tidak ada membahasa Istana memecat Ketua IDI. Hingga saat ini, tidak ada berita resmi bahwa Ketua IDI dipecat. Dr. Adib Khumaidi, SpOT masih menjabat sebagai Ketua IDI periode 2022-2025.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredarbahwa Ketua IDI telah resmi dicopot oleh Istana adalah salah. Faktanya, tidak ada hubungan antara judul dan isi video.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Benarkah Ketua IDI Resmi Dipecat? Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://turnbackhoax.id/2022/04/20/salah-ketua-idi-resmi-dipecat/
-https://seword.com/umum/inisiatif-buka-pintu-damai-dengan-terawan-bukti-4lq5aFoRus
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif