Tangkapan layar pemberitaan palsu
Tangkapan layar pemberitaan palsu

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Mantan Presiden Amerika Serikat Obama Ingin Maju di Pilpres Kenya 2021? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 17 Januari 2020 20:17
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama dikabarkan ingin maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) Kenya pada 2021 mendatang. Klaim ini disampaikan sebuah laman worldnewsdailyreport.com.
 
Lama ini melansir sebuah artikel berjudul "BARACK OBAMA ANNOUNCES INTENTION TO RUN AS PRESIDENT OF KENYA IN 2021" pada Selasa 14 Januari 2020.
 
Dalam artikel itu, dimunculkan foto Obama sedang memegang pengeras suara genggam alias megaphone. Ia berorasi di depan sejumlah orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Obama disebut telah mengonfirmasi keinginan maju di Pilpres Kenya pada Selasa pagi 14 Januari 2020 waktu setempat. Ia percaya dapat mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi di Kenya sebagaimana yang dilakukan saat masih menjabat Presiden Amerika Serikat. Ia menyindir kondisi Amerika Serikat saat ini yang dianggap agak menjijikkan.
 
"Saya agak jijik dengan politik Amerika baru-baru ini sambil melihat perjuangan Kenya. Saya menyadari bahwa saya perlu melakukan sesuatu untuk membantu Tanah Air saya. Saya bisa menyelesaikan krisis ekonomi AS yang lebih buruk dalam sejarahnya dan menempatkannya di jalur yang benar sampai mereka memilih bintang TV narsis. Saya pasti bisa membantu Kenya," kata Obama.
 
Obama juga diklaim telah mendirikan sebuah Partai Demokrasi Nasional Kenya (NDP). Bahkan Obama kini tengah mempertimbangkan berkoalisi dengan sejumlah partai di Kenya.
 

[Cek Fakta] Mantan Presiden Amerika Serikat Obama Ingin Maju di Pilpres Kenya 2021? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dikabarkan ingin maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) Kenya pada 2021 mendatang, adalah salah.
 
Kami menggunakan teknik reverse image dan ternyata foto yang digunakan laman worldnewsdailyreport.com merupakan foto lama. Yaitu saat Obama belum menjadi Presiden Amerika.
 

[Cek Fakta] Mantan Presiden Amerika Serikat Obama Ingin Maju di Pilpres Kenya 2021? Ini Faktanya
 

Saat itu Obama masih sebagai Senator Amerika Serikat dan tengah mengunjungi permukiman kumuh Kibera di Nairobi pada 27 Agustus 2006. Obama berpidato di depan warga Nairobi, Kenya.
 
Pula foto kedua. Itu merupakan kunjungan Presiden Obama ke Pulau Goree, Senegal pada 27 Juni 2013.
 

[Cek Fakta] Mantan Presiden Amerika Serikat Obama Ingin Maju di Pilpres Kenya 2021? Ini Faktanya
 

Dari kedua foto tersebut, kabar Obama mengumumkan niat maju di Pilpres Kenya 2021 mulai diragukan.
 
Kemudian dari mesin pencarian terhadap pemberitaan media arus utama di Amerika Serikat, nihil informasi tentang niat pencalonan Obama di Pilpres Kenya.
 

[Cek Fakta] Mantan Presiden Amerika Serikat Obama Ingin Maju di Pilpres Kenya 2021? Ini Faktanya
 

Sementara situs pemeriksa fakta yang diluncurkan 1994, Snopes.com, memastikan bahwa kabar pencalonan Obama di Pilpres Kenya merupakan satire.
 

[Cek Fakta] Mantan Presiden Amerika Serikat Obama Ingin Maju di Pilpres Kenya 2021? Ini Faktanya
 

Pula situs serupa, hoax-alert.leadstories.com juga memastikan kabar tersebut satire. Situs ini merujuk pada pernyataan yang diklaim dari Obama bahwa ia agak jijik dengan kondisi politik Amerika Serikat.
 
"Saya agak jijik dengan politik Amerika baru-baru ini sambil melihat perjuangan Kenya. Saya menyadari bahwa saya perlu melakukan sesuatu untuk membantu Tanah Air saya. Saya bisa menyelesaikan krisis ekonomi AS yang lebih buruk dalam sejarahnya dan menempatkannya di jalur yang benar sampai mereka memilih bintang TV realitas narsis. Saya pasti bisa membantu Kenya."
 
Situs ini juga merujuk pada disclaimer laman worldnewsdailyreport.com bahwa mereka memang situs humor.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dikabarkan ingin maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) Kenya pada 2021 mendatang, adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

Sumber:
https://worldnewsdailyreport.com/barack-obama-announces-intention-to-run-as-president-of-kenya-in-2021/
 

Referensi:
1. https://www.washingtonpost.com/world/africa/kenyans-feel-snubbed-by-obama/2013/06/24/cd105bb4-dc74-11e2-a484-7b7f79cd66a1_story.html
 
2. https://www.upi.com/Top_News/World-News/2013/06/27/Obama-Civil-society-incredibly-strong-in-Senegal/98571372312800/
 
3. https://www.snopes.com/fact-check/obama-for-kenya-presidency/
 
4. https://hoax-alert.leadstories.com/3471442-fake-news-barack-obama-did-not-announce-intention-to-run-as-president-of-kenya-in-2021.html
 

 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif