Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Dosen Melayang saat Perkuliahan Berlangsung? Begini Faktanya

Medcom Files Yogyakarta hoax Cek Fakta Dosen kabar hoaks
Wanda Indana • 18 Januari 2022 12:36
Sebuah video di TikTok menceritakan seorang dosen melayang ketika mata perkuliahan berlangsung pukul 06.00 pagi. Peristiwa itu terjadi di salah satu kampus di Yogyakarta.
 
Akun Tiktok @Janki_Dawsat membagikan video itu pada 13 Januari 2022. Dalam video tersebut menampilkan foto sosok pria diduga dosen melayang di hadapan para mahasiswa. Disebutkan, salah satu mahasiswa (ketua kelas) yang mengambil bolpoin jatuh ke bawah seketika kaget ketika melihat kaki dosen tidak menapak lantai.

"Selang beberapa saat si ketua kelasnya di SMS sama dosen tersebut, bahwasannya dosen tersebut tidak masuk di perkuliahan." kata seorang pria yang menjelaskan video tersebut.


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Dosen Melayang saat Perkuliahan Berlangsung? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar adanya seorangdosen melayang ketika mata perkuliahan berlangsung adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Foto hoaks dosen melayang tersebut sudah beredar lima tahun lalu, pada 2016, melalui pesan berantai. Disebutkan, peristiwa dalam foto yang beredar terjadi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta.Pihak universitas juga sudah memberikan klarifikasi.
 
Dilansir Detik.com,Kepala Humas UAD saat itu, Hadi Suyono, menegaskan pesan tersebut tidaklah benar alias hoaks.

"Itu saya pastikan hoaks. Itu hanya euforia orang-orang dan beberapa website agar laris saja dengan membagikan pesan itu. Lewat detikcom, saya sampaikan dan pastikan bahwa itu hoaks," tegasnya,Senin 24 Oktober 2016.


Hadi menjelaskan pihak kampus awalnya memang tidak mau menanggapi isu miring tersebut. Sebab, hal itu tidak berkaitan dengan kegiatan akademis. Namun belakangan isu tersebut semakin ramai jadi perhatian warganet karena pihak kampus sampai meliburkan kegitan kampus karena isu tersebut.
 
"Ini jadi pesan yang membunuh karakter UAD. Jangankan karena berita hantu, saat gempa besar (pada 2006) saja kami hanya libur beberapa hari dan tetap melaksanakan PMB (penerimaan mahasiswa baru)," tutup Hadi.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredarseorangdosen melayang ketika mata perkuliahan adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Video Dosen Melayang saat Perkuliahan Berlangsung? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-3327648/cerita-tentang-dosen-gaib-di-uad-yogya-yang-bikin-merinding
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif