Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Sri Sultan akan Periksa Keaslian Ijazah Jokowi dari UGM? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 04 Februari 2021 14:26
Beredar sebuah narasi Raja Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memeriksa keaslian ijazah Presiden Joko Widodo dari Universitas Gajah Mada (UGM). Narasi beredar di facebook.
 
Dalam narasinya, Sri Sultan akan memanggil Sri Adiningsih. Yang bersangkutan adalah teman SMP Jokowi yang juga sesama alumni UGM. Dalam masa pemerintahan Joko Widodo, Sri Adiningsih pernah menjabat sebagai anggota dewan pertimbangan presiden.
 
Akun facebook atas nama Darmawan Prakosa membagikan narasi ini pada 2 Februari 2021. Unggahan ini mendapatkan respon dari 263 warganet. Serta 64 komentar dan 55 kali dibagikan ulang.

"WAJIB VIRAL RAJA JOGJA AKAN PANGGIL SRI ADININGSIH UNTUK KLARIFIKASI TAHUN MASUK JOKOWI KE UGM 1980 ATAU 1981???... UNDIP AKAN KLARIFIKASI MENGAPA MAHMUD NURWINDU MENGAKU IR KIMIA UNDIP???... MAHMUD NURWINDU NO INDUK SMP NYA 60229 SAMA DENGAN NO INDUK JOKOWI ... SIAPA YANG PALSU !?"


[Cek Fakta] Sri Sultan akan Periksa Keaslian Ijazah Jokowi dari UGM? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memeriksa keaslian ijazah Presiden Joko Widodo dari Universitas Gajah Mada (UGM) adalah salah. Faktanya, informasi ijazah palsu Jokowi hoaks berulang. Hoaks seputar ijazah palsu Presiden Joko Widodo banyak beredar di media sosial. Ada dua artikel klarifikasi soal hoaks ijazah palsu Jokowi dalam artikel cek fakta medcom.id. Berikut artikelnya.
 
Baca:[Cek Fakta] Foto Ijazah UGM Atas Nama Jokowi Palsu? Ini Faktanya
 
Baca:[Cek Fakta] Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya
 
Dilansir medcom.id, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menegaskan keaslian ijazah sarjana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
 
"Pak Jokowi memang alumni UGM. Ijazah beliau asli dari UGM," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat UGM Wiwit Wijayanti melalui pesan singkat kepada medcom.id, di Yogyakarta, Jumat, 5 Juni 2015.
 
Ia menjelaskan ijazah Jokowi dikeluarkan pada 5 November 1985. Ijazah itu ditandatangani oleh Dekan UGM Prof Dr Soenardi Prawirohatmodjo M.S, M.D dan Rektor UGM Prof DR T Jacob M.S M.D.
 
"Ijazah dikeluarkan setelah beliau berhasil menempuh pendidikan sarjana selama lima tahun," imbuh dia.
 
Sebelum memperoleh gelar, Jokowi telah mengikuti ujian skripsi pada 23 Oktober 1985 dengan judul Stusi Tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kota Madya Surakarta.
 
"Dosen pembimbing skripsi beliau adalah Prof Dr. Ir Achmad Soemitro. Beliau lulusan Fakultas Kehutanan dengan gelar Insinyur," katanya.
 
[Cek Fakta] Sri Sultan akan Periksa Keaslian Ijazah Jokowi dari UGM? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memeriksa keaslian ijazah Presiden Joko Widodo dari Universitas Gajah Mada (UGM) adalah salah. Faktanya, informasi ijazah palsu Jokowi hoaks berulang.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Sri Sultan akan Periksa Keaslian Ijazah Jokowi dari UGM? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://nusantara.medcom.id/jawa-tengah/peristiwa/Wb7W36Bb-ugm-tegaskan-ijazah-presiden-jokowi-asli
2.https://archive.fo/yiSAo
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"

 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif