NEWSTICKER
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial Facebook

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka Bingung pada Pihak yang Permasalahkan Kebangkitan PKI? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 24 Februari 2020 17:27
Politikus PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka mengaku bingung dengan pihak-pihak tertentu yang mempermasalahkan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Rieke mempertanyakan alasan pihak-pihak yang mempermasalahkan kebangkitan partai tersebut.
 
"Aku Bingung Memangnya Kalau PKI Bangkit Kembali, Kenapa? Ada Masalah Ya?,"sebuah pernyataan yang diklaim berasal dari Rieke.
 
Adalah akun facebook Andra Setiawan yang membagikan tangkapan layar pemberitaan seolah-olah dari Kompas TV. Tampak foto Rieke beserta narasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Akun Andra Setiawan membagikan narasi yang diklaim dari Rieke itu di grup facebook (PSPS) Pendukung Setia PRABOWO - SANDI pada Minggu 23 Februari 2020. "Anak PKI ini gk punya rasa empati krn sedang merasa di atas angin...," ujar akun facebook Shofiyah dalam kolom komentar.
 
"Masalah oneng. Loe pikir ngak , berapa nyawa yg dibantai sama PKI," kata akun Riko Jihan Amira.
 
"Dia ngomong begitu karena dia itu PKI , kalo bukan PKI ga bakalan dia ngomong begitu," kata akun Siti Jamilah.
 

[Cek Fakta] Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka Bingung pada Pihak yang Permasalahkan Kebangkitan PKI? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwaPolitikus PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka mengaku bingung dengan pihak-pihak tertentu yang mempermasalahkan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI), adalah salah. Pula narasi bahwa Rieke mempertanyakan alasannya pihak-pihak yang mempermasalahkan kebangkitan partai tersebut.
 
Melalui teknik reverse image, kami menemukan foto serupa. Adalah akun resmi twitter Kompas TV telah lama membantah bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari pihak mereka.
 
Mereka menegaskan Kompas TV tidak pernah memproduksi informasi tersebut. Bantahan itu telah disampaikan pada 20 September 2017.
 
Berikut pernyataan lengkapnya:
 
Pengumuman-
 
KompasTV tidak pernah membuat, menayangkan, dan mengunggah berita ini.
 
Terima kasih.
 

[Cek Fakta] Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka Bingung pada Pihak yang Permasalahkan Kebangkitan PKI? Ini Faktanya

 

Sementara foto tersebut, merupakan karya jurnalis Antara Hafidz Mubarak. Foto diambil saat Rieke menjadi pembicara dalam acara peluncuran hasil survei kenaikan upah di 7 provinsi dan 9 kota kawasan industri. Survei dilakukan pada 28-30 Agustus 2015.
 
Seperti dilansir Bali TV dalam akun Youtube-nya, Rieke merekomendasikan kenaikan upah pada 2016. Acara tersebut diselenggarakan Rumah Diah Pitaloka (RDP) bekerja sama dengan Jaringan Buruh, Mahasiswa dan LSM.
 

[Cek Fakta] Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka Bingung pada Pihak yang Permasalahkan Kebangkitan PKI? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Politikus PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka mengaku bingung dengan pihak-pihak tertentu yang mempermasalahkan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI), adalah salah. Pula narasi bahwa Rieke mempertanyakan alasannya pihak-pihak yang mempermasalahkan kebangkitan partai tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
1. https://twitter.com/kompastv/status/910427632621125632
2. https://www.youtube.com/watch?v=qxlDvEkbAbY
3. https://turnbackhoax.id/2017/09/20/hoax-fitnah-anggota-dpr-ri-tdk-tahu-pki-itu-melanggar-tap-mprs-xxv-1966/?fbclid=IwAR1er_9wPNdy-6ZBaRzlbhgK4Luuhefwca-WM6lDuBeIwI-q83c3ZMbBN2Q
 

Sumber:
https://www.facebook.com/groups/276665096312116/permalink/544561596189130/
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif