Jaecoo J5 EV. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jaecoo J5 EV. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jaecoo J5 EV, Boleh Juga Diajak Offroad Tipis-Tipis!

Ekawan Raharja • 13 September 2025 11:11
Jakarta: Jaecoo J5 EV ditawarkan Jaecoo Indonesia untuk dijajal sekilas dua sampai tiga putaran, di lokasi Bridgestone Poving Ground, Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/9/2025). Test driver medcom.id kemudian mencoba kesempatan ini merasakan secara langsung mobil listrik tersebut.
 
Kalau melihat tampilan eksteriornya, kelihatan kuat aura SUV kendaraan listrik ini. Fasia depan tampak dominan desain kotak, seperti lampu depan, bemper dan gril.
 
Begitu pula bagian belakang bodi, menguatkan karakter tegas dan tangguh dari mobil dengan dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.620 mm.

Ketika masuk ke dalam kabinnya, interior tidak terkesan ‘heboh’ dengan berbagai ornament. Namun bagian dasbor menggambarkan kesan futuristik, dilihat dari desain kemudi dan perangkat lainnya. 
 
Baca Juga:
Porsche 911 Turbo S Terbaru, Tenaganya Sampai 711 PS

 
Kemudian komponen headunit didesain berbentuk kotak berdiri, seperti mengambang, terlepas dari dasbor. Jok laiknya mobil harga ratusan juta, nyaman diduduki serta ramah buat bokong dan pinggul.
 
Lanjut pindahkan tuas dari posisi P (Parking) ke D (Driven) yang berada di sebelah kanan kemudi. Injak pedal gas langsung melejit, mobil dapat melaju dari posisi diam ke 100 kilometer per jam dalam waktu 7.7 detik.
 
Mencoba kualitas suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan multi-link pada bagian belakang. Terasa kalau mobil ini memang cocok buat semi-offroad atau offroad ringan. 
 
Tetapi bila melihat tampilan keseluruhannya, tidak salah juga jika mau mengajak mobil ini bermanuver ke ranah offroad skala lebih berat. Tentunya dengan sejumlah penyesuaian, terutama di lini kaki-kaki.
 
Melirik approach angle 20 derajat, dan departure angle 30 derajat pada J5 EV, menunjang mobil ini untuk melibas ragam jalur yang tersedia. Jaecoo J5 EV ditenagai baterai berdaya 60.9 kWh, dijahit motor listrik bertenaga puncak 155 kW atau 207 tk, dan torsi puncak 288 Nm di putaran 18.000 rpm. 
 
Baca Juga:
Cruise Control dan Adaptive Cruise Control, Apa Bedanya?

 
Untuk konsumsi listrik J5, diklaim berada di angka 16.6 kWh per 100 kilometer atau 6 kilometer per kWh. Mengacu data pengujian WLTC, dapat melaju sejauh 400 km. Sementara dengan pengujian NEDC melaju sejauh 470 km. 
 
Pengisian daya cepat juga tersedia dari mobil ini. Baterainya dapat terisi dari 30 sampai 80 persen hanya dalam waktu 27 menit. 
 
“Pre-booking Jaecoo J5 EV sudah tembus di atas 100 unit. Untuk konsumen, setiap unit sudah dilengkapi fasilitas charging, V2L dan wall charging. Kami pun tetap menyiapkan infrastuktur di jaringan dealer kami,” terang Head of Marketing Jaecoo Indonesia, Ilham Pratama di kawasan Bridgestone Poving Ground. (Autogear.id/Alun Segoro)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan